test

Kesehatan

Senin, 11 Mei 2020 09:04 WIB

4 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Tetap Bugar Selama Berpuasa

Editor: Hadi Ismanto

Menunaikan ibadah puasa 1441 H (Foto: ILustrasi/PMJ News/Fif)

PMJ - Menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi seorang muslim. Selain berharap mendapat pahala dari Allah SWT, berpuasa juga melatih seseorang agar sabar dan menahan hawa nafsu.

Berbeda dari tahun sebelumnya, puasa tahun ini umat muslim harus menjalankan di tengah pademi virus yang masih melanda di seluruh negara di dunia, itu tentu menjadi tantangan tersendiri.

Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan imunitas tetap stabil kita harus menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (11/5/2020), berikut tips agar tubuh selalu fit meski tengah menjalankan puasa.

1. Hindari sahur di waktu menjelang Imsak

Sahur saat menjelang berakhirnya waktu sahur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh untuk membakar makanan menjadi energi dengan jarak waktu yang pas. Tapi ingat, jangan sahur terlalu mepet dengan waktu imsak tentunya.

Dengan memberi jeda waktu sahur dengan Imsak, maka akan memberikan kelancaran dalam melakukan aktivitas lain sebelum menjalankan sholat subuh.

2. Lakukan aktivitas ringan

Setelah sahur, usahakan melakukan aktivitas ringan dan hindari melanjutkan tidur kembali. Ini bukan tanpa alasan karena dampaknya buruk bagi tubuh.

Hindarilah tidur setelah sahur, Anda bisa mengisi waktu ini dengan melakukan kegiatan ibadah seperti membaca kitab suci Alquran sampai waktu subuh datang.

3. Lakukan olahraga ringan

Meski di bulan Ramadhan, ada baiknya kamu tetap berolahraga. Tak perlu olahraga berat, kamu cukup melakukan jalan santai, bersepeda, yoga, senam untuk menjaga kesehatan tubuh.

Di masa pandemi, jika berolahraga ringan di luar rumah pastikan memakai Masker. Pemerintah sudah menganjurkan masyarakat wajib memakai alat pelindung hidung dan mulut setiap kali beraktivitas di luar rumah.

4. Segerakan berbuka puasa

Usahakan langsung berbuka puasa jika waktu Magrib telah tiba. Nabi Muhammad SAW menganjurkan pula untuk mengonsumsi menu tertentu pada saat buka puasa.

Ada dua menu buka puasa yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, yaitu kurma dan air putih. Kurma dan air putih ini biasa dikonsumsi Nabi Muhammad SAW pada saat buka puasa.(Hdi)

BERITA TERKAIT