test

Kesehatan

Kamis, 7 Mei 2020 15:45 WIB

3 Manfaat Tidur Siang Sejenak Saat Berpuasa

Editor: Hadi Ismanto

Tidur siang sejenak saat berpuasa ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh (Foto: Ilustrasi/PMJ News)

PMJ - Kebanyakan orang menyiasati tidur siang saat menjalankan ibadah puasa. Hal ini untuk menghilangkan kantuk karena bangun sahur pada dini hari. Selain itu, tidur sewajarnya di bulan Ramadhan dapat bernilai pahala.

Tapi tau kah kamu jika tidur siang yang singkat saat puasa, sekitar 30 menit ternyata dapat mendatangkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebaliknya, jika terlalu lama justru akan berdampak buruk.

Seperti dirangkum redaksi dari berbagai sumber, Kamis (7/5/2020), berikut sejumlah manfaat tidur siang sejenak saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

1. Memperbaiki Mood

Kurang tidur selama puasa membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. kamu menjadi lebih mudah lelah dan marah. Salah satu manfaat tidur siang saat puasa adalah untuk memperbaiki mood.

Luangkan waktu untuk tidur siang singkat selama 15-30 menit. Tidur siang membantu mengembalikan sistem tubuh dan hormon neuroendokrin kembali ke tingkat normal, sama seperti tingkat hormon setelah kamu tidur malam yang nyenyak.

2. Memperkuat Memori

Banyak literatur yang mengatakan bila istirahat tidur siang bisa membuat memori ingatan manusia lebih kuat. Durasi selama 20-30 menit sekali tidur siang bisa berdampak baik pada kemampuan kognitif dalam mengingat.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Saat mengantuk, ada peningkatan tekanan darah yang bisa memperberat kerja jantung. Tidur adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi kantuk. Tidur siang saat puasa dapat membuat kamu menyediakan waktu bagi jantung untuk beristirahat sejenak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan kalau tidur siang singkat baik untuk jantung. Ditemukan juga gangguan tidur pada malam atau siang hari dapat memicu gangguan jantung sebesar 37 persen.(Hdi)

BERITA TERKAIT