test

Kesehatan

Sabtu, 10 Oktober 2020 12:02 WIB

Penting, Ini 10 Cara Atasi Gangguan Insomnia

Editor: Hadi Ismanto

Gangguan tidur atau insomnia harus segera diatasi. (Foto: Ilustrasi/ PMJ News/ FIF).

PMJ - Saat ini tidak sedikit orang yang mengalami susah tidur atau insomnia. Gangguan ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang tak boleh disepelekan, karena dalam jangka panjang, dapat meningkatkan risiko serius.

Jika tidak segera diatasi, gangguan insomnia bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, kejang, serangan asma dan penyakit jantung.

Karena itu, jika merasa mulai mengalami insomnia, ada baiknya Anda melakukan pencegahan. Berikut sejumlah cara yang dapat membantu Anda dalam mengatasi insomnia, seperti dilansir laman Jovee, Sabtu (10/10/2020)

1. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam, dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Usahakan untuk tidak tidur siang di siang hari, karena bisa membuat Anda kurang mengantuk di malam hari.

2. Jangan gunakan ponsel atau e-book sebelum tidur. Cahaya mereka bisa membuat Anda lebih sulit tidur.

3. Hindari kafein, nikotin, dan alkohol di siang hari. Kafein dan nikotin adalah stimulan dan dapat membuat Anda tidak tertidur. Alkohol dapat membuat Anda terbangun di tengah malam dan merusak kualitas tidur Anda.

4. Berolahragalah secara teratur. Usahakan untuk tidak berolahraga menjelang waktu tidur, karena dapat membuat Anda sulit tidur. Para ahli menyarankan untuk berolahraga setidaknya 3 hingga 4 jam sebelum tidur.

5. Jangan makan makanan berat di sore hari. Tetapi camilan ringan sebelum tidur dapat membantu Anda tidur.

6. Buatlah kamar tidur Anda nyaman: gelap, tenang, dan tidak terlalu hangat atau terlalu dingin. Jika cahaya menjadi masalah, gunakan masker tidur. Untuk menutupi suara, coba gunakan headset.

7. Ikuti rutinitas untuk bersantai sebelum tidur. Baca buku, dengarkan musik, atau mandi.

8. Jangan menggunakan tempat tidur Anda untuk hal lain selain untuk tidur.

9. Jika Anda tidak bisa tidur dan tidak mengantuk, bangunlah dan lakukan sesuatu yang menenangkan, seperti membaca sampai Anda mengantuk.

10. Jika Anda merasa khawatir tentang berbagai hal, buatlah daftar hal yang harus dilakukan sebelum tidur. Ini dapat membantu Anda mengesampingkan kekhawatiran untuk pada malam hari.(Hdi)

BERITA TERKAIT