test

Kesehatan

Jumat, 24 April 2020 10:02 WIB

3 Suplemen Ini Bantu Puasa Ramadhan Kamu Lebih Enjoy

Editor: Hadi Ismanto

Makan sahur (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi)

PMJ - Menjalani puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Karenanya, kita harus berusaha menjaga kondisi kesehatan agar tubuh tetap fit. Ada baiknya jika kamu mengonsumsi suplemen saat sahun dan berbuka puasa.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/4/2020), ada beberapa suplemen yang dianjurkan untuk agar tetap tubuh tetap sehat ketika menjalankan ibadah puasa. Berikut penjelasannya.

1. Multivitamin

Multivitamin dapat membantu memelihara kesehatan dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Pasalnya, asupan ini mengandung beberapa jenis vitamin sesuai kebutuhan tubuh seperti vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, Kalsium, dan Zat Besi .

Kandungan yang terdapat di dalamnya bisa mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kandungan mineral dari multivitamin juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas.

2. Habbatussauda

Habbatussauda merupakan salah satu sumber thymoquinone memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi dan antioksidan. Hal ini membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kerja sistem imun dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas dari luar.

Selain itu, habbatussauda dapat menjaga lapisan sel pada lambung dan meningkatkan aktivitas sel beta dalam pankreas dalam mengatur gula darah.

3. Sari kunyit (tumeric).

Sari kunyit memiliki kandungan zat curcumin yang berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan terhadap berbagai penyakit kronis, membantu mengendalikan diabetes, menetralisir radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan sel pada tubuh. Curcumin yang terkandung sangat dibutuhkan di saat bulan Ramadhan karena dapat membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag dan mampu bekerja mengendalikan produksi asam lambung serta empedu berlebih.(Hdi)

BERITA TERKAIT