test

Kesehatan

Rabu, 13 Mei 2020 09:04 WIB

Bolehkah Donor Darah Saat Puasa? Ini Penjelasannya

Editor: Hadi Ismanto

Donor darah saat tidak membatalkan puasa (Foto: Ilustrasi/PMJ News)

PMJ - Menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi seorang muslim. Namun tidak ada salahnya saat berpuasa kita tetap memperbanyak perbuatan baik, salah satunya donor darah.

Tapi yang menjadi pertanyaan, apakah donor darah boleh dilakukan saat berpuasa? Menurut Ketua Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta KH Zulfa Mustofa bahwa hal itu tidak membatalkan puasa.

"Boleh saja berdonor darah. Asalkan masih kuat (sehat) tidak mengganggu puasa," ujar Zulfa beberapa waktu lalu.

Sementara seorang pengamat kesehatan, Dr Ari Fahrial Syam menyebut donor darah merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri dan orang yang menerimanya.

Donor darah rutin membantu menjaga kadar zat besi di tubuh tetap terkendali. Hal ini terbukti bisa mengurangi risiko berbagai penyakit jantung. Stok zat besi yang berlebihan dapat menyebabkan kekentalan darah.

Persediaan zat besi yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan oksidatif dalam tubuh, yang menjadi penyebab utama dari penuaan dini dan kanker.

Ini sebabnya salah satu manfaat donor darah adalah menurunkan risiko Anda terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker hati, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker tenggorokan.(Hdi)

BERITA TERKAIT