test

News

Selasa, 8 Desember 2020 11:27 WIB

Menko PMK Sebut Tenaga Medis Hingga Pedagang Pasar Jadi Prioritas Vaksinasi

Editor: Hadi Ismanto

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. (Foto: PMJ News/Instagram @muhadjir_effedy)

PMJ NEWS - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengungkapkan beberapa kelompok akan mendapatkan prioritas vaksinasi vaksin Covid-19 pada tahap pertama.

"Sesuai dengan rekomendasi dari Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional, prioritas yang akan diberikan imunisasi nanti adalah pertama, mereka yang berada di garis depan yaitu para petugas medis," jelas Muhadjir seperti dari siaran YouTube FMB9ID_IKP, Senin (7/12/2020).

"Kemudian petugas non-medis, termasuk TNI dan Polri," sambungnya.

Selanjutnya, kata Muhadjir, kelompok yang akan disasar untuk pemberian vaksin lainnya adalah mereka yang dimasukkan dalam kelompok berisiko tinggi terpapar Covid-19 seperti para pekerja.

"Termasuk di dalamnya para pedagang pasar, pelayan toko, atau pramuniaga, dan juga mereka yang bekerja di sektor-sektor, industri, para karyawan, dan para pegawainya," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, mereka yang melakukan penelusuran kontak atau contact tracing juga akan menjadi kelompok prioritas dalam pemberian vaksin Covid-19.

"Yang terakhir adalah administrator pemerintah yang terlibat dalam memberikan layanan publik," ujarnya.

Disamping memperhatikan mereka yang berada di garda depan, Muhadjir mengatakan pemberian vaksin juga harus memperhatikan aspek lokasi. "Di mana terjadi viral load atau terjadi kemungkinan penumpukan partikel virus, itu yang lebih diutamakan," ucapnya.

Untuk pertimbangan lainnya yang harus diperhatikan, salah satunya tingkat mobilitas penduduk dari satu tempat ke tempat yang lain.

BERITA TERKAIT