test

News

Sabtu, 5 Desember 2020 18:15 WIB

Siap-siap....Besok Tol Antasari-Brigief Berlakukan Tarif Baru

Editor: Ferro Maulana

Ilustrasi pintu masuk tol. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Fif).

PMJ NEWS -  Mulai besok Minggu (6/12/2020), pukul 00.00 WIB, tol Antasari-Brigif siap memberlakukan tarif baru. Termurah untuk kendaraan golongan I menjadi Rp8.000.

Direktur PT Citra Waspphutowa, selaku badan usaha ruas tol Depok-Antasari (Desari), Widijianto memaparkan tarif baru itu berdasarkan terhadap Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1640/KTPS/M/2020.

Kemudian pergantian tarif tol juga tertuang dalam Pasal 48 Ayat 3 UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 Ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Kedua aturan itu menjelaskan, bahwa penyesuaian tarif tol dilakukan tiap dua tahun sekali berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh laju inflasi wilayah kota/daerah setempat.

"Penyesuaian tarif tol dipakai untuk mempertahankan tingkat pelayanan bagi pengguna jalan tol yang telah dicapai kurun dua tahun terkini, yaitu dengan telah dipenuhinya standar pelayanan minimal (SPM) jalan tol,” terang Widijanto melalui pernyataan resminya secara tertulis kepada media,  Sabtu (5/12/2020).

Penyesuaian tarif tol juga akan digunakan untuk meningkatkan respon atas keluhan dan permintaan informasi dari pengguna jalan, baik pengguna jalan tol maupun non-tol yang hendak mengambil pilihan rute perjalanannya melalui layanan Setral Komunikasi (Senkom).

Widijanto menambahkan, dengan penyesuaian tarif tersebut, harapannya PT Citra Waspphutowa dapat memberikan peningkatan pelayanan termasuk peningkatan fasilitas dan keselamatan berkendara serta kenyamanan perjalanan bagi pengguna jalan tol.

Pelayanan lalu lintas Tol Desari meliputi antara lain, unit patroli bergerak, unit ambulans, unit derek, dan unit rescue. Jalan tol Desari juga memiliki layanan bantuan petugas melalui Senkom yang beroperasi 24 jam. Adapun, senkom Tol Desari didukung 88 CCTV di sepanjang ruasnya.

Sekedar informasi, Tol Desari merupakan salah satu proyek infrastruktur prioritas Kementerian PUPR yang menghubungkan Antasari-Sawangan-Bojonggede-Salabenda dengan jaringan JORR I dan II serta Bogor Outer Ring Road (BORR).

Saat ini, ruas yang sudah beroperasi di Tol Desari adalah Antasari-Brigif sepanjang 5,8 kilometer dan Brigif Sawangan sepanjang 6,2 kilometer.

BERITA TERKAIT