test

News

Kamis, 26 November 2020 11:35 WIB

Jokowi Minta MUI Kawal Vaksinasi Covid-19

Editor: Etty Kadriwaty

Presiden Jokowi.(Foto:Setpres)

PMJ - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk ikut mengawal program vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan di Indonesia pada awal 2021 mendatang. Permintaan ini diutarakan Jokowi saat memberikan sambutan di Musyawarah Nasional X MUI yang digelar virtual pada Rabu, (25/11/2020).

"Saya juga memohon kepada MUI untuk membantu mengawal program vaksinasi yang segera kita lakukan sebagai jalan keluar untuk mengatasi pandemi," kata Jokowi yang disiarkan di akun YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia.

Keterlibatan MUI, lanjut Jokowi, guna mempercepat pemulihan masyarakat yang berujung pulihnya ekonomi Indonesia. Jokowi juga menegaskan bahwa pihaknya selama ini terus berupaya mengerahkan sumber daya mengatasi dampak covid-19.

"Kami berusaha menyeimbangkan penanganan kesehatan dan penanganan ekonomi, membuat masyarakat aman dari covid tapi tetap produktif dan mampu bertahan hidup," ungkapnya.

Di tengah sambutannya, Jokowi juga memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada MUI yang turut mencegah penularan covid-19. Beberapa bentuknya dengan menyusun sejumlah fatwa untuk memastikan umat beribadah.

"Fatwa yang sangat kontekstual senafas dengan prinsip kemaslahatan. MUI juga konsisten menyuarakan untuk mematuhi protokol kesehatan," kata Jokowi.

Jokowi juga mengapresiasi MUI yang selalu mengutamakan keselamatan jiwa di tengah ancaman pandemi di setiap fatwanya. Ia berharap keterlibatan MUI, tokoh agama dan masyarakat juga turut meringankan beban pemerintah.

"Tokoh agama dan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Insya Allah tugas berat pemerintah semakin ringan," tutup dia.

Dalam agenda munas, MUI juga berencana membahas soal fatwa terkait kehalalan vaksin corona hingga fatwa penggunaan masker saat berihram haji.

 

BERITA TERKAIT