News

Senin, 7 Desember 2020 11:35 WIB

Atasi Covid-19, Menlu RI Minta Vaksin ke Swiss

Editor: Fitriawan Ginting

Menlu RI Retno Lestari. (Foto : PMJ/Dok Kemlu).

PMJ NEWS - Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi mengungkapkan terkait pemerintah yang sedang meminta bantuan untuk mendapatkan vaksin dari Jenewa, Swiss.

"Selain kerja sama bilateral, saat ini bersama Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri sedang melakukan komunikasi dengan Jenewa untuk pengadaan vaksin multilateral," kata Menteri Retno Lestari melalui kanal YouTube, Kemkominfo TV, Senin (7/12/2020).

Indonesia sendiri telah mendapatkan vaksin Sinovac dari China sebanyak 1,2 juta dosis. Sedangkan Gavi COVAX Faciltiy adalah institusi multilateral yang mengadakan proyek vaksin ini. COVAX adalah pilar dari program Percepatan Akses untuk Peralatan COVID-19 (Acces to COVID-19 Tools/ACT) yang dipimpin oleh Gavi, Koalisi untuk Kesiapan Inovasi Epidemi (CEPI), dan WHO.

"Indonesia termasuk 1 dari 92 negara COVID AMC (Advanced Market Commitment) yang akan memperoleh 3 sampai 20% dari penduduk yang bersal dari Gavi COVAX Facility," jelas Retno.

Jika tak ada halangan vaksin multilateral akan tiba di Tanah Air pada 2021 meendatang.

"Pengiriman dilakukan hari ini 7 Desember sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Selain itu masih ada tahapan sampai akhir 2020," papar Retno.

BERITA TERKAIT