test

Kesehatan

Rabu, 7 Oktober 2020 10:36 WIB

Kabar Gembira, Vaksin Covid-19 Akan Disiapkan di Akhir Tahun 2020

Editor: Fitriawan Ginting

Penambahan kasus positif Covid-19 masih belum mereda. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Fif)

PMJ- Penanganan Covid-19 terus dilakukan di seluruh dunia. Terbaru, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi kabar menggembirakan. Dikabarkan vaksi Covid-19 kemungkinan besar akan siap di akhir tahun 2020 ini.

Disampaikan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, solidaritas dan komitmen politik dari semua pemimpin untuk memastikan pemerataan vaksin ketika tersedia. Hal itu seperti dikutip melalui laman Channel News Asia, Rabu (7/10/2020).

“Kami membutuhkan vaksin dan ada harapan akhir tahun ini kami dapat memiliki vaksin. Masih ada harapan,” ucap Tedros.

Sembilan vaksin eksperimental sedang dalam proses pembangunan fasilitas vaksin global COVAX WHO yang bertujuan untuk mendistribusikan 2 miliar dosis pada akhir tahun 2021.

Pertemuan dewan selama dua hari, yang membahas tanggapan global terhadap pandemi, mendengar seruan dari negara-negara termasuk Jerman, Inggris dan Australia untuk reformasi guna memperkuat badan PBB tersebut.

Tiga panel independen yang meninjau kinerja WHO termasuk Peraturan Kesehatan Internasional 2005 - yang menetapkan pedoman tentang pembatasan perdagangan dan perjalanan yang diberlakukan selama keadaan darurat kesehatan - memberikan pembaruan tentang pekerjaan mereka.

Panel Independen untuk Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi, yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark dan mantan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, bertemu untuk pertama kalinya bulan lalu.

“Kami berharap mendapat pelajaran nyata yang bisa kami terapkan dan mencegah hal yang sama terjadi,” kata Tedros.

"Tetapi saya ingin meyakinkan Anda bahwa WHO siap untuk belajar dari ini dan mengubah organisasi ini. Selama transformasi, kami berjanji ini, kami berjanji akan terus berubah secara konstan,” tandas Tedros.(Gtg-03)

BERITA TERKAIT