test

News

Selasa, 24 November 2020 12:35 WIB

Dear Pengguna Facebook, Ini Tips Cara Mengetahui Kabar Hoax Alias Palsu

Editor: Fitriawan Ginting

Facebook hapus akun hoax. (Foto: Ilustrasi/ Dok Net)

PMJ- Media sosial Facebook terus berusaha melakukan penyisiran terhadap informasi palsu atau hoax yang beredar di halamannya. Bahkan Facebook akan menghapus akun palsu dan memutus insentif ekonomi bagi para penyebar misinformasi.

Bekerjasama dengan pemeriksa fakta pihak ketiga yang independen, Facebook akan menampilkan berita palsu di bagian paling bawah beranda. Hal ini patut diketahui oleh para pengguna medsos tersebut. Berikut tips Facebook untuk mengenali informasi palsu atau kabar hoax :

1. Jangan Langsung Percaya dengan Judul

Kabar berita palsu sering menampilkan judul menarik, ditulis dalam huruf kapital, dan diakhiri dengan tanda seru. Jika klaim berlebihan dalam judul tampak meragukan, berarti kemungkinan itu berita palsu.

2. Cermati Tautannya

Tautan palsu atau yang dibuat mirip aslinya dapat mengindikasikan bahwa berita itu palsu. Banyak situs berita palsu meniru situs berita resmi dengan sedikit mengubah tautannya. Buka situs tersebut untuk membandingkan tautannya dengan sumber terpercaya.

3. Selidiki Sumbernya

Pastikan berita tersebut ditulis oleh sumber yang Anda percayai dan beritanya terkenal akurat. Jika berita tersebut berasal dari organisasi yang tidak dikenal, baca bagian "Tentang" di situs mereka untuk mendapatkan informasi lengkap.

4. Amati Jika Ada Format Beritanya Tidak Wajar

Banyak situs berita palsu yang dalam beritanya banyak ditemui kesalahan eja atau tata letak yang janggal. Baca dengan saksama jika ada kesalahan tersebut dalam kontennya.

5. Cek Fotonya

Kabar berita palsu sering kali menampilkan gambar atau video editan. Terkadang foto tersebut memang autentik, tetapi konteksnya berbeda. Anda dapat menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mencari tahu asalnya.

6. Periksa Tanggalnya

Dalam kabar berita palsu, kronologinya seringkali tidak masuk akal atau tanggal peristiwanya sudah diubah.

7. Periksa Buktinya

Periksalah sumber yang dicantumkan oleh penulis untuk mengonfirmasi keakuratannya. Beberapa indikasi kabar berita palsu adalah kurangnya bukti atau mengandalkan klaim ahli yang namanya tidak dicantumkan.

8. Bandingkan dengan Laporan Lain.

Jika tidak ada sumber berita lain yang melaporkan berita yang sama, berarti berita tersebut palsu. Sebaliknya, jika berita tersebut dilaporkan oleh beberapa sumber yang Anda percayai, berarti berita tersebut valid.

9. Apakah Berita Tersebut Hanya Lelucon

Terkadang kabar berita palsu sulit dibedakan dengan humor atau satir. Cek apakah sumbernya memang biasa menyajikan konten parodi, dan apakah detail berita dan nadanya mengindikasikan bahwa berita tersebut hanya lelucon belaka.

10. Beberapa Berita Memang Sengaja Dipalsukan

Berpikirlah secara kritis tentang berita yang Anda baca dan hanya bagikan berita yang benar-benar valid.(Gtg-03)

BERITA TERKAIT