test

Kesehatan

Rabu, 5 Agustus 2020 17:40 WIB

Yes, Uji Klinis Suplemen Herbal Corona Hampir Rampung

Editor: Redaksi

PMJ – Penelitan suplemen herbal Indonesia untuk virus Corona hampir rampung. Penelitian yang merekrut 90 subjek atau partisipan itu mulai memasuki tahap akhir uji klinis.

Penelitian imunomodulator ini menguji dua produk herbal asal Indonesia yakni jamur Cordyceps militaris dan kombinasi herbal yang terdiri atas rimpang jahe, meniran, sambiloto dan daun sembung. Kombinasi herbal ini sudah memiliki prototype dan data awal serta sudah memiliki izin edar dari BPOM.

Studi dilakukan oleh tim peneliti dari LIPI, Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan, dan tim dokter Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Dikutip dari LIPI, Koordinator Kegiatan Uji Klinis Kandidat Imunomodulator dari Herbal untuk Penanganan Covid-19, Masteria Yunolvisa Putra menjelaskan metode uji klinis kandidat imunomodulator dilakukan secara acak terkontrol tersamar ganda dengan plasebo. Metode ini dipilih untuk menghindari terjadinya bias pada penelitian.

Baik partisipan maupun peneliti tidak mengetahui obat yang akan didapatkan karena menggunakan sistem blinding yang tersamar ganda. Sistem blinding akan dibuka setelah seluruh uji klinis pada seluruh partisipan selesai.

Rencananya, sistem blinding bakal dibuka pada 16 Agustus untuk mengetahui data pasien dan dilakukan analisis. Peneliti berharap penelitian uji klinis imunomodulator suplemen herbal ini membuahkan hasil sehingga dapat berkontribusi pada pengobatan dan pencegahan Covid-19.(ETY-02).

BERITA TERKAIT