test

News

Selasa, 1 Oktober 2019 17:03 WIB

Dihadiri Presiden Jokowi, 5500 Personel Gabungan Amankan Pengucapan Sumpah Anggota Dewan

Editor: Redaksi

Presiden Jokowi saat hadir dalam sebuah kesempatan. (Foto: PMJ News).

PMJ - Anggota DPR RI periode 2019-2024 telah mengucapkan sumpah dan janjinya. Pengambilan sumpah jabatan ini dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (01/10/2019).

Sebelum pengambilan sumpah, Hatta Ali mengingatkan kepada 575 anggota DPR bahwa sumpah dan janji ini harus dipenuhi. Berikut bunyi sumpah dan janji yang diucapkan para anggota DPR:

Saya bersumpah saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sesuai dengan pedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi dan golongan.

Presiden Jokowi hadir dalam pengucapan sumpah anggota DPR dan DPD RI hari ini. (Foto: PMJ News).

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah pengucapan janji sumpah jabatan, perwakilan anggota DPR RI secara simbolis menandatangani berita acara pengucapan sumpah janji jabatan. Selanjutnya, berita acara juga ditandatangani oleh para rohaniwan dan Ketua MA Hatta Ali.
Pelantikan 575 anggota DPR dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Selain itu, pelantikan dihadiri pula oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman.

Sementara itu terpisah, Kasubag Humas Polres Jakarta Pusat, Kompol Purwadi, SH, MH, menjelaskan sebanyak 5500 personel ikut mengamankan jalannya pengucapan sumpah anggota DPR, DPD dan MPR terpilih tersebut.

“Pengucapan sumpah anggota Dewan berjalan lancar. Kepala pengamanan obyek yaitu Kombes Pol Harry Kurniawan, SIK selaku Kapolres Jakpus,” tuturnya kepada PMJ News.

Sekedar informasi, jumlah anggota Dewan yang dilantik antara lain, 711 anggota terdiri dari 575 anggota MPR/DPR RI; dan 136 anggota DPD RI (34 Provinsi). Dalam janji anggota Parlemen itu hadir Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden jusuf Kalla, Menteri Kabinet kerja, Kepala Lembaga Negara, Perwakilan Negara sahabat, Kapolri, dan Panglima TNI. (FER).

BERITA TERKAIT