test

News

Selasa, 31 Desember 2019 13:52 WIB

Soal Calon di Pilwalkot Solo, Begini Kata PDIP

Editor: Ferro Maulana

Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah (Foto: Dok Net)

PMJ - Hingga jelang akhir tahun, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum memutuskan sosok yang akan diusung dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menyebut saat ini internal partai masih mengkaji para calon walikota yang mendaftar maju dalam kontestasi Pilwalkot Solo 2019. Diketahui, Gibran Rakabumi Raka juga mendaftar sebagai calon walikota lewat PDIP.

"Mengapa belum memutuskan mengusung Gibran, karena masa pendaftaran calon kepala dan wakil kepala daerah masih tahun depan, kalau tidak salah bulan April nanti, tolong dicek ya. Sehingga belum ada satu pun rekomendasi yang kami keluarkan," ungkap Basarah, Selasa (31/12/2019).

Menginggung peluang siapa yang bakal diusung, kata Basarah, semua calon dari internal maupun ekternal memiliki kans sama. Namun partai akan lebih mendalami berbagai aspek yang menentukan layak diusung atau tidak.

"Peluang semua yang mendaftar di PDIP, adalah sama. Yang menentukan nanti adalah proses pengkajian pendalaman dari berbagai aspek, terutama tentang kepartaian, kepemimpinan, ideologi, dan faktor popularitas dan elektabilitas," tuturnya.

"Sehingga kami masih menunggu proses survei internal yang menjadi salah satu referensi kami untuk mengambil keputusan sehingga Gibran, Bobby, dan lain-lain itu memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP," imbuhnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT