test

News

Rabu, 8 Januari 2020 17:25 WIB

Setkab Sebut Kasus Reynhard Coreng Wajah Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung(Foto: Instagram/@pramonoanungw)

PMJ - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut kasus pemerkosaan terhadap ratusan pria di Manchester yang dilakukan warga negara Indonesia (WNI), Reynhard Sinaga mencoreng wajah Indonesia.

Padahal, kata Pramono, selama ini representasi masyarakat disana terhadap Indonesia sangat baik. Indonesia dinilai sebagai bangsa yang memiliki etika ketimuran, sopan santun, serta saling menghargai.

"Tentunya ini mau tidak mau, suka tidak suka mencoreng wajah kita. Padahal wajah kita, wajah bangsa Indonesia ini penuh dengan etika ketimuran sopan santun, (saling) menghargai," ujar Pramono di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku prihatin terhadap kasus yang saat ini menjerat Reynhard di Inggris. "Kita prihatin karena korban yang jumlahnya ratusan itu, secara psikologis tentu juga sangat berat," ucapnya.

Di sisi lain, Pemerintah Indonesia tetap menghormati proses peradilan terbuka yang dilakukan oleh pengadilan Machester. Karena itu, pemerintah melalui KBRI di London juga diminta terus memantau proses pengadilan dan hukuman terhadap Reynhard.

"Untuk itu, sekali lagi pemerintah dalam hal ini melalui KBRI yang ada di London, kita memantau dan kita mengingkan Reynhard mendapat pengadilan yang fair dan terbuka," tukasnya.

BERITA TERKAIT