test

News

Selasa, 28 April 2020 09:57 WIB

Lemkapi: Publik Puas dengan Kinerja Polri-TNI Selama PSBB

Editor: Hadi Ismanto

Pementauan penerapan PSBB di Kota Bekasi (Foto: Dok PMJ News)

PMJ - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyebut masyarakat puas dengan kinerja Polri-TNI mendukung program pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dari survei tersebut, diketahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap Polri berada pada angka 83,4 persen, sedangkan tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja TNI berada pada angka 83,3 persen.

"Kami melihat sinergi Polri dan TNI pada kegiatan kemanusiaan di lapangan dalam memberikan bantuan kemanusiaan sangat dirasakan masyarakat," ujar Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan di Jakarta, Senin (27/4/2020).

Survei kepuasan masyarakat dilakukan Lemkapi pada 10 hingga 24 April 2020. Metodenya menggunakan multistage random sampling dengan jumlah sampel 800 responden di wilayah Pulau Jawa, margin error sebesar 3,5 persen.

Menurut Edi, ada beberapa faktor yang membuat masyarakat merasa puas atas kinerja Polri dan TNI. Pertama faktor sinergi keduanya. Publik puas melihat sinergi Polri dan TNI yang secara bersama sama melayani masyarakat di lapangan.

Pelayanan dan penyuluhan Polri dan TNI juga dirasakan masyarakat. Mulai dari pengaturan dan pengawasan keramaian, penggunaan masker dan pembatasan penumpang, serta pengamanan pasar tradisional dan kegiatan patroli di pemukiman warga juga diapresiasi.

Kedua, faktor kepedulian bantuan kemanusiaan. Publik puas melihat kepedulian Polri dan TNI dalam memberikan bantuan kemanusiaan berupa bantuan medis hingga keterlibatan langsung aparat dalam pemakaman korban Covid-19.

Faktor ketiga, kata Edi, adalah penegakan hukum yang tegas. Ia mengatakan, publik puas melihat respon Polri yang cepat menangani berbagai kasus hoaks yang sudah meresahkan masyarakat.

Selain Polri dan TNI, publik juga merasa puas atas pelayanan tim medis di berbagai tempat dalam memberikan pertolongan kepada korban Covid-19. Tingkat kepuasannya bahkan mencapai 90,1 persen.(Hdi)

BERITA TERKAIT