test

News

Selasa, 28 April 2020 19:00 WIB

Soal Penyesuaian Harga BBM, Begini Kata Menko Perekonomian

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram/@airlanggahartarto4.0)

PMJ - Meskipun harga minyak mentah dunia terus merosot, pemerintah belum memutuskan untuk menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Kebijakan itu akan masih akan dibahas bersama kementerian terkait.

"Terkait dengan BBM pada waktunya diadakan rapat dan akan dijelaskan oleh kementerian terkait," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartato di Jakarta, Selasa (28/4/2020).

Diketahui, harga minyak dunia turun sejak perdagangan Senin kemarin. Dimana harga WTI anjlok 24,56 persen, dari USD4,16 menjadi USD12,78 per barel. Sementara harga minyak mentah Brent turun 6,76 persen menjadi USD19,99 per barel.

Akibat pandemi virus corona, membuat sepertiga permintaan minyak global anjlok yang berdampak pada jatuhnya harga minyak ke rekor terendah. Saat permintaan turun, beberapa produsen minyak mengumumkan pengurangan produksi demi mengerek harga.

Namun pasar pesimis langkah tersebut dapat mendongkrak harga, karena inti masalah adalah pandemi Covid-19 yang telah menghilangkan selera permintaan minyak.

OPEC dan sekutunya akan mengadakan pertemuan pada Mei mendatang untuk memotong produksi 9,7 juta barel per hari. Perusahaan minyak AS, Exxon dan Chevron juga mengurangi produksinya demi meningkatkan harga.

BERITA TERKAIT