test

News

Jumat, 17 Juli 2020 19:44 WIB

Pemerintah Optimis Indonesia Bisa Kuasai Pasar E-commerce Asean

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto. (foto: IG @airlanggahartarto4.0)

PMJ - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto optimis dengan pergerakan ekonomi digital di Indonesia. Bahkan, menurut dia, bisa menguasai pasar e-commerce Asean pada 2025.

Jika berdasarkan perhitungannya, nilai transaksi di pasar digital Indonesia diperkirakan bisa mencapai USD135 miliar. Jumlah tersebut sekitar 85 persen dari total perdagangan e-commerce market di kawasan Asia Tenggara.

"Potensi pasar e-commerce di Indonesia sampai 2025 itu USD135 miliar. Pasar Asean totalnya USD150 miliar. Jadi lebih dari 85 persen pasarnya di Indoensia," ungkap Airlangga saat acara peluncuran virtual DigiKU, Jumat (17/7/2020).

Apalagi dengan peluncuran Digital Kredit UMKM (DigiKU) oleh pemerintah, ia berharap ini bisa turut menopang misi tersebut. Platform online ini dapat memberikan akses seluas-luasnya bagi para pelaku UMKM di Tanah Air.

"Semoga platform ini digunakan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) untuk jangkau masyarakat luas, usaha kecil menengah termasuk industri menengah," tuturnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT