test

News

Minggu, 24 Mei 2020 06:00 WIB

PMJ News: Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah/ 2020 merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa. Idul Fitri mempunyai makna yang terkait erat dengan tujuan yang siap dicapai dari kewajiban berpuasa itu sendiri. Yakni, manusia yang bertakwa.

Adapun Fitri yang berarti buka puasa berdasarkan akar kata ifthar (sighat mashdar dari aftharo – yufthiru).  Dengan demikian, makna Idul Fitri yaitu Hari Raya dimana umat Islam untuk kembali berbuka atau makan. Karena itulah salah satu sunah sebelum melaksanakan salat Idul Fitria adalah makan atau minum walaupun sedikit. Hal ini untuk menunjukkan bahwa hari raya Idul Fitri 1 Syawal itu waktunya berbuka dan haram untuk berpuasa.

Sementara kata Fitri yang berarti suci, bersih dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, keburukan berdasarkan dari akar kata fathoro-yafthiru. Bagi umat Islam yang telah lulus melaksanakan Ibadah puasa di bulan Ramadhan akan diampuni dosanya sehingga menjadi suci kembali seperti bayi yang baru dilahirkan dari kandungan Ibunya. Sebagaimana Sabda Nabi SAW yang artinya “Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan suci.”

Maka, di hari yang suci dan fitrah, segenap Redaksi PMJ News turut mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H/ 2020. Mohon maaf lahir dan bathin.”

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi/ FIF).

BERITA TERKAIT