test

News

Jumat, 29 Mei 2020 13:10 WIB

Jelang New Normal, Masjid Istiqlal Belum Gelar Shalat Jumat

Editor: Hadi Ismanto

Masjid Istiqlal tidak akan menggelar Shalat Idul Adha (Foto: Instagram/@masjidistiqlal.official)

PMJ - Pemerintah akan membuka tempat ibadah, hal ini sejalan dengan rencana penerapan tatanan kehidupan normal baru atau new normal. Apabila dibuka nanti, tempat ibadah tetap menerapkan protokol kesehatan.

Namun pada Jumat (29/5), Masjid Istiqlal Jakarta belum dilaporkan masih menutup aktivitas ibadah berjamaah. Hingga kini, masjid terbesar di Asia Tenggara itu belum menggelar salat Jumat.

"(Saat ini Masjid) Istiqlal masih tutup. Belum ada pelayanan ibadah dalam bentuk apapun," ujar Kebag Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat dikonfirmasi, Jumat (29/5/2020).

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menyebut umat Islam yang berada di kawasan terkendali Covid-19 memiliki kewajiban untuk melaksanakan sholat Jumat.

"Dengan kondisi ini, berarti sudah tidak ada lagi udzur syar’i yang menggugurkan kewajiban Shalat Jumat," kata Asrorun Niam dalam keterangannya, Kamis kemarin.

"Dan karenanya, berdasarkan kondisi faktual yang dijelaskan ahli yang kompeten dan kredibel, umat Islam yang berada di kawasan yang sudah terkendali wajib melaksanakan sholat Jumat. Pemerintah wajib menjamin pelaksanaannya," sambungnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT