test

News

Jumat, 5 Juni 2020 13:23 WIB

Halau Pemdemo, Gedung Putih Dikelilingi Pagar Besi

Editor: Hadi Ismanto

Gedung Putih, Istana Kepresidenan AS dipasangi pagar besi (Foto: Reuters)

PMJ - Istana Kepresidenan atau Gedung Putih kini tengah dipasangi pagar tinggi disekelilingnya. Pembangunan ini bertujuan untuk melindungi keamanan Presiden Donald Trump dan para pejabat yang berkantor di dalamnya dari aksi demonstrasi.

Seperti dilansir laman CNN dan AFP, Jumat (5/6/2020), pagar tersebut dibangun dengan tinggi hingga hampir 3 meter. Juru bicara Dinas Rahasia (Secret Service) AS menyebut 'tembok' itu akan tetap berdiri setidaknya sampai 10 Juni 2020.

Dinas Rahasia Amerika Serikat, berkoordinasi dengan Polisi Pertamanan AS mengumumkan penutupan area di dalam dan sekitar kompleks Gedung Putih," jelas juru bicara tersebut.

"Penutupan ini merupakan upaya untuk mempertahankan langkah-langkah keamanan yang diperlukan di sekitar kompleks Gedung Putih, sembari juga memungkinkan digelarnya demonstrasi damai," sambungnya.

Berdasarkan laporan, polisi dan pasukan Garda Nasional juga terlihat bersiaga untuk menghalangi pendemo agar tidak mendekati tembok dan menerobos ke Gedung Putih. Mereka juga bersiaga di lokasi-lokasi demo di sekitar Gedung Putih.

Menurut dia, wilayah yang dipasangi pagari meliputi Taman di sebelah Gedung Putih. Selain itu, Monumen Divisi Pertama dan State Place, Taman Sherman dan Hamilton Place.

"Area itu, termasuk seluruh Ellipse dan panel sampingnya. Termasuk jalan raya dan trotoar, E Street dan trotoar antara 15th streets and 17th streets, Monumen Divisi Pertama dan State Place, Sherman Park dan Hamilton Place, Pennsylvania Avenue antara 15th streets and 17th streets, dan seluruh Lafayette Park, akan tetap ditutup hingga 10 Juni," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT