test

News

Kamis, 11 Juni 2020 20:01 WIB

Virus Bertahan Tiga Hari di Plastik, Dokter Reisa Ingatkan Sering Cuci Tangan

Editor: Hadi Ismanto

Tim Komunikasi Gugus Tugas Covid-19, Reisa Broto Asmoro (Foto: PMJ News/Instagram BNPB)

PMJ - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyebut virus Covid-19 bisa bertahan hingga 72 jam di permukaan plastik dan juga besi tahan karat. Sedangkan di kertas karton bertahan 24 jam.

"Selalu ingat untuk sering-sering mencuci tangan karena kemungkinan besar kita bisa menyentuh permukaan-permukaan tersebut kalau kita berada di luar rumah," ungkap Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19, Reisa Broto Asmoro, Kamis (11/6/2020).

Menurut Reisa, mencuci tangan dengan baik dan benar sangat penting dilakukan. Sebab, lebih dari seribu jenis kuman, baik itu bakteri, virus, dan jamur dapat terbawa di tangan.

Bahkan, lanjut dia, bagi profesi tertentu seperti tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit, potensi terbawanya kuman di tangan jauh lebih besar lagi.

Kondisi seperti ini akan semakin memperbesar potensi tertular virus covid-19. Berdasarkan anjuran dari WHO, cuci tangan yang baik dan benar dilakukan selama sekitar 20 detik.

"Dan apabila langsung menyentuh mata, hidung, dan mulut kita tanpa cuci tangan terlebih dahulu, maka dapat dipastikan bakteri, kuman, dan terutama virus covid 19 ini akan masuk ke tubuh kita dengan mudah," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT