test

News

Selasa, 16 Juni 2020 11:03 WIB

Intip Penerapan Protokol Kesehatan di Tiga Mall Wilayah Jakarta

Editor: Ferro Maulana

Penerapan Protokol Kesehatan di mall Senayan City. (Foto: PMJ/ IST).

PMJ – Sejumlah mall di wilayah DKI Jakarta telah dibuka setelah lebih dari dua bulan tutup imbas pandemi virus corona (Covid-19). Mal-mal tersebut menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 sesuai aturan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama masa transisi.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) melaporkan terdapat 80 mal yang kembali buka.

Salah satu mal di kawasan Jakarta Pusat, Senayan City membatasi jam operasional dari pukul 11.00 hingga 20.00 WIB selama masa transisi. Public Relation Manager Senayan City Leonardo menjelaskan jumlah pengunjung juga dibatasi hingga maksimal 50 persen dari kapasitas gedung.

Penerapan Protokol Kesehatan di Plaza Semanggi. (Foto: PMJ/ IST).

“Kita mengatur flow para pengunjung agar teratur dan aturan jaga jarak terpenuhi dengan baik,” terang Leonardo kepada pewarta.

Pengelola juga mewajibkan setiap orang menggunakan masker, memeriksa suhu tubuh di pintu masuk, hingga mengatur posisi duduk pengunjung di restoran. Sementara itu, lift, mesin parkir hingga hand sanitizer juga dilengkapi dengan sensor tanpa sentuh agar pengunjung tidak perlu memencet tombol.

Di samping itu, pengelola juga menyediakan alat untuk mensterilkan alat makan di area food court serta untuk mensterilkan kantong belanja. “Pengunjung yang sudah belanja bisa menaruh shoping bag mereka di alat ini untuk disterilkan,” ujarnya menambahkan.

Penerapan Protokol Kesehatan di Lotte Mart Fatmawati Jaksel. (Foto: PMJ/ IST).

Lanjutnya, sebagian besar kios di Senayan City telah kembali beroperasi kecuali beberapa sektor seperti bioskop dan salon yang belum diizinkan pemerintah untuk saat ini.

Terpisah, para petugas Kelurahan Karet Semanggi dibantu TNI dan Polri, mengawasi pelaksanaan PSBB Masa Transisi di Plaza Semanggi, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan. Pengawasan dilakukan untuk memastikan pihak pengelola Plaza Semanggi sudah menerapkan Protokol Kesehatan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji meninjau Lotte Mart di Jalan Fatmawati, Kelurahan Gandaria Selatan, Kecamatan Cilandak. Peninjauan dilakukan dalam rangka memastikan Lotte Mart tersebut telah menerapkan Protokol Kesehatan saat PSBB Masa Transisi. (FER).

BERITA TERKAIT