test

News

Selasa, 7 Juli 2020 08:03 WIB

Begini Metode Khusus Agar Kamu Tidak Tertular Covid-19 Saat Belanja di Pasar Tradisional

Editor: Ferro Maulana

Pasar tradisional tegakkan protokol kesehatan. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Pasar tradisional menjadi salah satu tempat belanja favorit masyarakat ketika mencari sayuran atau buah-buahan segar, sekaligus memenuhi kebutuhan pangan keluarga dengan harga yang murah.

Walaupun merupakan tempat favorit banyak orang ketika berbelanja kebutuhan pangan, tetapi lantaran adanya penyebaran Covid-19, pasar tradisional jadi salah satu tempat paling retan menularkan virus berbahaya.

Karena itu, kamu butuh metode khusus saat berbelanja ke ke pasar tradisional agar terhindar dari COVID-19.

Datang Lebih Pagi

Pada umumnya, pasar sudah mulai beroperasi pada pukul 04.00 WIB. Kamu dapat mulai berbelanja ke pasar pada pukul 05.30 WIB karena udara masih bersih serta bahan-bahan makanan juga masih segar dan lengkap.

Selanjutnya, datang ke pasar lebih pagi juga jadi alternatif yang efektif untuk menghindari kerumunan sehingga risiko tertular Covid-19 lebih kecil ketimbang kamu datang ke pasar yang kemungkinan sudah ramai pembeli.

Jika kamu mengantri membeli sesuatu, pastikan untuk selalu menjaga jarak 1 hingga 2 meter agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Terapkan Protokol Kesehatan

Sampai sekarang, Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah RI tak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan di manapun berada. Tak terkecuali pasar tradisional.

Sebelum ke pasar, pastikan kamu sudah memakai masker kain tiga lapis, menyemprotkan hand sanitizer, tisu basah dan tisu kering untuk mengelap sesuatu, dan jika perlu memakai sarung tangan plastik sekali pakai agar tangan terhindar dari kontaminasi virus dan bakteri.

Patut jadi catatan, jangan biasakan menyentuh mata, hidung, mulut, saat ke pasar ya Moms. Sebab, virus dan bakteri jahat akan cepat masuk ke dalam tubuh melalui tiga indra tersebut.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Indian J Pediatr berjudul A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19) dijelaskan bahwa infeksi COVID-19 terjadi akibat menghirup tetesan atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi oleh orang positif COVID-19, berikutnya menyentuh hidung, mulut dan mata.

Sehingga kamu harus menahan diri tidak menyentuh wajah selama berada di luar ruangan.

Pastikan Kondisi Tubuh dalam Keadaan Sehat

Sebelum berbelanja ke pasar tradisional, kamu harus memastikan kondisi tubuh sehat dan bugar. Alasannya, kondisi tubuh yang sehat akan menghasilkan imunitas yang baik dan berguna untuk melawan virus-virus jahat tak terkecuali Covid-19.

Hal tersebut dijelaskan oleh Robert D. Kirkcaldy, MD, MPH, dalam penelitiannya berjudul COVID-19 and Post Infection Immunity yang memaparkan kekebalan atau imunitas tubuh yang baik dapat memberikan pertahanan terhadap Covid-19. (DBS/ FER).

BERITA TERKAIT