test

News

Rabu, 29 Juli 2020 14:47 WIB

Tekan Penyebaran Covid-19, Kapolda Metro Tinjau Langsung Pasar Tradisional dan Perkantoran

Editor: Fitriawan Ginting

Kapolda Metro Jaya saat diskusi dengan pemimpin perusahaan soal penerapan protokol kesehatan. (Foto ; PMJ/Polda Metro).

PMJ- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana dan jajarannya terus bergerak menekan angka penyebaran di wilayah hukumnya, DKI Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi).

Irjen Nana Sudjana turun langsung melakukan peninjauan penerapan protokol kesehatan di Pasar Metro Atom, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Disitu, Nana Sudjana yang didampingi pejabat utama Polda Metro, Walikota Jakarta Pusat, Dandim Jakarta Pusat dan Kapolres Jakarta Pusat untuk mengingatkan sekaligus berpesan kepada para pedagang, untuk mendisiplinkan diri dengan menegakkan protokol kesehatan.

Kapolda Metro Jaya saat diskusi dengan pemimpin perusahaan soal penerapan protokol kesehatan. (Foto ; PMJ/Polda Metro).

“Kami lihat disini (Pasar Metro Atom) sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Alat protokol kesehatan sudah ada. Pengecekan suhu tubuh, penggunaan hand sanitizer dan kanalisasi pengunjung di 4 pintu keluar masuk area pasar juga sudah disiapkan. Ini bagus dan terus dijaga. Kami minta pedagang dan pembeli untuk gunakan masker,” terang Nana Sudjana, di lokasi tersebut, Senin (27/7/2020).

Nana Sudjana juga memahami keluhan pedagang yang mengungkapkan kalau pengunjung belum se-ramai seperti sebelum pandemic. Namun demikian, sudah terjadi peningkatan jumlah pengunjung sejak diterapkan PSBB Masa Transisi menuju Adaptasi Kebiasaan Baru.

“Tadi disampaikan bahwa sampai saat ini untuk pedagang baru sampai 40 sampai 50 pesen, tetapi sudah mulai ada peningkatan pengunjung atau pembeli. Ini kita harapkan akan semakin lebih baik ke depannya," terang Nana Sudjana.

Kapolda Metro Jaya mengedukasi pedagang untuk menegakkan protokol kesehatan. (Foto : PMJ/Polda Metro).

Kapolda Metro Jaya juga mengecek persiapan personel yang selama ini bertugas memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat agar meningkatkan kedisiplinan dan pengawasan di pasar. Setidaknya ada 60 personel gabungan dari TNI dan Polri, serta Satpol PP yang siap mengawasi penerapan protokol kesehatan di pasar.

Tidak hanya ke pasar tradisional saja, Jenderal Bintang 2 ini juga melihat langsung kesiapan protokol kesehatan di PT. Loreal dan Samsung yang berada di kawasan industri Jababeka. Di Loreal dengan jumlah 450 karyawan yang ada di lokasi, terpantau sudah sangat baik melaksanakan protokol kesehatan. Begitu pun dengan 2500 org karyawan yang ada di PT Samsung.

“Kita ingin seluruh perkantoran di Jakarta dan sekitarnya bersih dan laksanakan protokol kesehatan. Harus siap. Dan saya lihat disini (Lorean dan Samsung) sudah cukup baik dengan melakukan pengukuran suhu tubuh pada setiap pintu masuk, physical distancing, penggunaan masker, face masker, sarung tangan, hand sanitizer, pemberian multivitamin dan menerapkan pembagian sistem shift dan zona karyawan serta kanalisasi pegawai. Ini sudah bagus dan saya minta dipertahankan serta ditingkatkan lagi untuk terus menekan penyebaran Covid-19,” kata Nana Sudjana.

Kapolda Metro Jaya mendengarkan keluhan pedagang pasar. (Foto : PMJ/Polda Metro).

“Saya juga meminta agar penunjuk penerapan protokol kesehatan selalu ada dan sistem antar jemput door to door serta melakukan disinfeksi lokasi kerja secara rutin serta menyediakan sarana prasarana untuk menghadapi Covid-19, antara lain ruang isolasi, tempat sampah khusus masker dan ruang perawatan sementara. Saya lihat, sudah dipersiapkan juga oleh 2 perusahaan ini,” tandas Nana Sudjana.

Kapolda Metro juga meminta jajarannya dari tingkat Polres dan Polsek untuk secara rutin melakukan patroli ke perusahaan dan memberikan himbauan, sosialisasi, edukasi dan teguran kepada karyawan yang melanggar protokol kesehatan di lingkungan kerja.

"Kita berharap dan mengimbau masyarakat untuk memiliki kesadaran dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu kami juga mengharapkan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara berolahraga, menjaga jarak, memakai masker, dan selalu mencuci tangan setiap usai melakukan aktivitas," pinta Nana Sudjana ke masyarakat.

"Secara keseluruhan untuk di wilayah Polda Metro Jaya ada sekitar 5.000 personel yang dikerahkan setiap hari untuk mengawasi masyarakat, khususnya di lokasi keramaian. Mereka bertugas menyadarkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan," tutup Nana Sudjana. (Gtg-03).

BERITA TERKAIT