test

News

Sabtu, 18 Juli 2020 17:15 WIB

Dampak Pandemi, Pengelolaan Emosi Pengaruhi Kesehatan Mental

Editor: Hadi Ismanto

Psikolog profesional Tiara Puspita (Foto: Instagram/@tiarapuspita)

PMJ - Psikolog profesional Tiara Puspita menyebut orang yang sehat mental, tidak hanya bebas dari gangguan mental tapi juga harus mampu mengelola emosi dengan baik dan mampu mengelola stress dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Tiara saat acara talkshow virtual bertajuk "Sehat Mental di Masa Pandemi", yang digelar Rumah Siap Kerja dan berkolaborasi dengan Sandi Uno, pada Jumat (17/7/2020).

"Setiap orang punya stress yang berbeda-beda dan cara menangani stress juga pasti berbeda. Penting sekali untuk mengetahui kebutuhan kita dan cara mengelolanya sebelum stressor untuk menumpuk," ungkap Tiara.

Namun, Tiara mengklaim memiliki cara tersendiri dalam menangani permasalahan kesehatan mental. Pertama, dengan mengenali stressor kita untuk pahami aspek kehidupannya.

"Jika kita sudah paham masalahnya dimana, makanya akan lebih mudah untuk kita mencari solusi sebelum masalah-masalah kecil tersebut menumpuk dan mengakibatkan penyakit mental yang lebih besar," tuturnya.

Disamping itu, Tiara juga menekankan pentingnya support system dalam menjaga kesehatan mental. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Support tersebut bisa didapatkan dari orang terdekat.

"Komunikasikan masalah ini untuk mendapatkan support dan bantuan dari orang terdekat. Also, Don’t push yourself dalam menghadapi masalah ini. Take your time or else orang lain juga akan terdampak jika kamu terbebani dalam masalah ini," tandasnya

"Fokus dengan hal-hal yang bisa dilakukan di rumah. Momen ini juga bisa dilihat sebagai peluang untuk mengupgrade skill baru atau kesempatan berbisnis baru diantara stressor-stressor yang ada saat ini," imbuhnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT