test

News

Senin, 17 Agustus 2020 09:15 WIB

Hari Ini, BI Luncurkan Uang Khusus 75 Tahun Kemerdekaan RI

Editor: Hadi Ismanto

PMJ - Bank Indonesia meluncurkan uang kertas nominal Rp 75.000. Peluncuran pecahan baru ini bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, yang jatuh pada 17 Agustus 2020.

Deputi Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjarnako menyebut peluncuran uang pecahan baru ini akan disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

"Nanti Pak Gubernur Besok yang bakal umumkan jenis uangnya. Tunggu saja," ujar Onny Widjarnako, di Jakarta, Minggu (16/8/2020).

Pecahan uang baru. (Foto: PMJ News/Istimewa)

Berdasarkan penampakan yang beredar di media sosial belakangan ini, pecahan uang baru yang akan diluncurkan nominalnya Rp 75.000. Desainnya dominan merah putih, sekilas mirip pecahan uang Rp 100 ribu. Namun, ada nuansa gradasi warna hijau dan gradasi biru.

Pada sisi pertama, nampak foto Proklamator Soekarno dan Hatta. Kemudian, disekelilingnya ada gambar pengibaran bendera merah putih saat kedua tokoh nasional itu memproklamasikan kemerdekaan pada 17 agustus 1945.

Di sisi sebaliknya, ada gambar peta Indonesia dan sejumlah orang berpakain adat Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, di kedua sisinya tentu tercantum nominal Rp75 ribu.(Hdi)

BERITA TERKAIT