test

News

Rabu, 26 Agustus 2020 13:20 WIB

Firli Bahuri: KPK Harus Kuat Dalam Pemberantasan Korupsi

Editor: Ferro Maulana

Ketua KPK Firli Bahuri . (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menerangkan, institusi yang dipimpinnya harus lebih kuat dari lembaga lain dalam pemberantasan korupsi. Hal tersebut dijelaskan Firli berdasarkan pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut KPK harus berperan sentral dalam pemberantasan korupsi.

Menurut Firli, KPK mempunyai kewenangan dan kekuatan memadai untuk mewujudkan hal tersebut.

"Presiden Jokowi pernah menyampaikan KPK harus berperan sentral dalam pemberantasan korupsi. Karena itu KPK harus didukung dengan kewenangan dan kekuatan yang memadai. KPK harus lebih kuat dibandingkan lembaga-lembaga lain dalam pemberantasan korupsi," kata Firli melalui akun YouTube KPK, Rabu (26/8/2020).

Di kesempatan yang sama, Firli menjelaskan lima program unggulan yang sudah disosialisasikan KPK. Lima kegiatan itu antara lain, dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi serta transformasi ekonomi.

"KPK telah merumuskan lima fokus area yang menjadi komitmen seluruh insan KPK yaitu KPK akan melakukan pemberantasan korupsi terkait dengan bisnis, korupsi terkait dengan penegakan hukum dan reformasi birokrasi. Kemudian korupsi terkait politik, korupsi terkait pelayanan publik, dan korupsi terkait Sumber Daya Alam (SDA)," urainya melanjutkan.

Berdasarkan kajian serta pengalaman Firli menegaskan praktik-praktik korupsi terjadi dengan berbagai sebab. Untuk itu, KPK telah merumuskan pemberantasan korupsi melalui tiga pendekatan.

"Satu pendekatan pendidikan masyarakat. Dua pendekatan pencegahan. Tiga penindakan secara tegas dan terukur sesuai dengan ketentuan UU yang berlaku," tandasnya.(Fer)

BERITA TERKAIT