test

News

Kamis, 1 Oktober 2020 17:51 WIB

Keren, Kain Khas Bali Ditampilkan di Paris Fashion Week 2020

Editor: Ferro Maulana

Kain Endek Bali siap ditampilkan dalam Paris Fashion Week. (Foto: PMJ/ Dok Net).

PMJ – Penyelenggaraan Paris Fashion Week 2020 digelar berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini Paris Fashion Week menyelenggarakan acara secara virtual dengan jumlah pengunjung dibatasi dari 1.000 orang menjadi maksimal 300 orang.

Paris Fashion Week dibuka sejak Selasa 29 September dan akan berlangsung selama sepekan sampai 6 Oktober mendatang.

Yang menarik dan berbeda tidak hanya itu saja, kali ini Paris Fashion Week, menampilkan kain khas asal Bali yakni Kain Endek, yang ditampilkan oleh desainer rumah mode terkenal dunia, Christian Dior.

Sekadar informasi, Kain Endek Bali menjadi bahan pilihan Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021 yang diperagakan dalam Paris Fashion Week pada (29/9/2020) di Jardin de Tuileries, Paris.

Duta Besar RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Duta Besar RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir, mengatakan kain Endek digunakan untuk koleksi busana musim semi dan panas 2021.

"Ini merupakan pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas kain Endek Bali dan berkontribusi positif terhadap dunia fesyen internasional. Semoga ini bisa menjadi penyemangat bagi masyarakat Bali di tengah tantangan menghadapi Covid-19," tutur Arrmanatha.

Pengarah artistik rumah mode Christian Dior, Maria Grazua Chiuri, mengatakan alasan Dior menggunakan kain Endek Bali karena ingin mengangkat nilai dari kebudayaan serta craftmanship terutama para penenun perempuan.

Sebelumnya tim Dior telah melakukan riset mengenai kain Endek Bali dan hasilnya mereka merasa nilai budaya yang ada di dalam kain Endek sesuai dengan hasil karya yang ingin diangkat oleh Christian Dior.

Tak hanya itu rumah mode Christian Dior menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia karena ikut mendukung ketersediaan kain Endek untuk koleksi terbaru mereka

Untuk menghargai penenun Bali dan pemerintah Indonesia, nantinya Dior akan akan mencantumkan daerah asal kain Endek pada label baju mereka.(Dre/Fer)

BERITA TERKAIT