test

News

Selasa, 27 Oktober 2020 18:00 WIB

Bulan Ini, Vaksin Merah Putih Mulai Diuji Coba ke Hewan

Editor: Hadi Ismanto

Pengembangan vaksin Merah Putih masuk tahap uji coba kepada hewan. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ - Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro menyampaikan perkembangan terbaru terkait pengembangan vaksin merah putih. Di bulan Oktober ini, pihaknya tengah mempersiapkan uji vaksin merah putih pada hewan.

"Saat ini prosesnya di bulan Oktober ini mereka sedang mempersiapkan untuk uji di hewan. Kita harapkan bisa selesai dan tentunya mudah-mudahan hasilnya memuaskan pada akhir tahun ini," ungkap Menristek dalam konferensi pers virtual di BNPB, Selasa (27/10/2020).

"Setelah akhir tahun, rencananya bibit vaksin yang sudah kita anggap teruji pada hewan tersebut atau sel mamalia. Ini akan diserahkan kepada PT Bio Farma, sebagai pihak yang nantinya akan melakukan produksi skala kecil, terutama untuk keperluan uji klinis," sambungnya.

Bambang juga mengatakan akan memantau prosedur uji klinis dalam pembuatan vaksin, mulai dari uji klinis tahap I, II, dan III. Selanjutnya akan diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dimana akan diputuskan apakah vaksin bisa dipergunakan secara massal.

Menurut Bambang, bibit vaksin Merah Putih ini menggunakan isolat virus SARS-CoV-2 di Indonesia. Hal ini untuk memastikan vaksin yang dipakai cocok untuk warga negara Indonesia.

"Vaksin Covid-19 yang menggunakan isolat virus yang memang bertransmisi di Indonesia. Dan kemudian pengembangan bibit vaksinnya dikerjakan oleh ahli-ahli Indonesia dan tentunya pada akhirnya produksinya juga dilakukan di Indonesia," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT