test

Kesehatan

Kamis, 20 Agustus 2020 13:05 WIB

419 Narapidana LP Tangerang Daftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin

Editor: Fitriawan Ginting

Penambahan kasus positif Covid-19 masih belum mereda. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Fif)

PMJ- Relawan uji klinis terus bertambah. Kini giliran ratusan narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas I Tangerang, Banten. Mereka siap untuk menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19.

Menurut Kepala Rutan Kelas I Tangerang Fonika Affand, sampai saat ini dari data yang ada, sebanyak 419 narapidana di LP sudah siap untuk jadi relawan.

"Sudah ratusan jumlahnya yang mendaftar ya. Dari 1.504 warga binaan, ada 400-an warga yang sudah mencalonkan diri sebagai relawan. Ini kami data terus,” jelas Fonika Affand, Kamis (20/8/2020).

Mereka akan melakukan serangkaian tes kesehatan, sebelum betul-betul masuk klasifikasi relawan uji vaksin Covid-19. Kelayakan mereka nantinya ditentukan melalui tahapan yang sudah ditentukan.

"Iya ada persyaratan dan prosedur yang harus dilalui para relawan ini. Tes kesehatan dan dari kita ada kriterianya, di mana WBP yang mau jadi relawan itu minimal sudah jatuh vonis, lalu yang masa tahanannya mau habis dan tentunya minimum security," tandas Fonika.

Pendataan masih dilakukan sambil menunggu mekanisme dari pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). (Gtg-03).

BERITA TERKAIT