test

News

Minggu, 8 November 2020 07:07 WIB

Ungguli Trump, Joe Biden Menangi Pilpres AS

Editor: Hadi Ismanto

Joe Biden memenagi Pemilihan Presiden Amerika Serikat mengungguli Donald Trump. (Foto: PMJ News/Twitter @JoeBiden).

PMJ - Joe Biden terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 pada Sabtu (7/11/2020) waktu setempat, setelah memenangi Pemilihan Presiden AS 2020. Kandidat Partai Demokrat ini mengungguli petahana Partai Republik, Donald J. Trump.

Seperti dilansir dari laman The Associated Press, Minggu (8/11/2020), kemenangannya Joe Biden terjadi setelah melewati 270 suara Electoral College untuk menang. Perolehan total Biden sebanyak 273 suara elektoral,sementara Trump hanya meraih 213 suara.

Joe Biden (77) sendiri tidak mempertaruhkan pencalonannya pada ideologi politik yang berbeda, tetapi pada penggalangan koalisi pemilih yang luas di sekitar gagasan bahwa Trump merupakan ancaman eksistensial bagi demokrasi Amerika.

Strategi tersebut terbukti efektif, menghasilkan kemenangan penting di negara bagian Michigan dan Wisconsin serta Pennsylvania, yang pernah menjadi benteng Demokrat yang telah beralih ke Trump pada tahun 2016.

Biden bahkan mampu unggul di sejumlah negara bagian yang sebelumnya menjadi wilayah kekuasaan Trump pada Pilpres 2016 lalu seperti Wisconsin, Michigan dan Arizona.

Sebagai informasi, sebelum menjadi calon presiden dari Partai Demokrat, Biden pernah menjabat sebagai wakil presiden di bawah mantan Presiden Barack Obama. Dia juga senator terlama di Delaware.(Hdi)

BERITA TERKAIT