test

Kesehatan

Senin, 21 September 2020 10:13 WIB

5 Tips Cegah Penularan Covid-19 di Tempat Kerja

Editor: Hadi Ismanto

Menjaga jarakdapat mengurangi resiko penularan Covid-19 . (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ - Bagi kamu yang tetap harus melakukan aktivitas kerja di kantor selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ada baiknya untuk tetap waspada penyebaran virus corona (Covid-19).

Sebaran virus corona ini sejatinya dapat menular melalui cipratan air liur (droplet) dari seseorang yang terinfeksi mengalami batuk, bersin, atau saat berbicara.

Seperti dilansir dari akun Instagram Resmi Kementerian Kesehatan, Senin (21/9/2020), berikut tips aman dan nyaman tanpa harus merasa khawatir saat bekerja.

1. Selalu gunakan masker

Usahakan tidak melepaskan masker saat sedang beraktivitas di luar rumah, termasuk saat bekerja. Masker hanya boleh dilepas jika kamu ingin menggantinya dengan yang baru.

Jangan lupa juga untuk menggantinya ketika masker sudah kotor, basah, atau terkontaminasi. Jadi, kamu harus selalu bawa masker cadangan.

2. Bawa hand sanitizer

Membawa hand sanitizer sudah merupakan kebutuhan pokok di era pandemi Covid-19 ini. Hand sanitizer akan membantu membersihkan tanganmu ketika sarana cuci tangan sedang tidak tersedia.

3. Jaga jarak

Jaga jarak (physical distancing) harus diterapkan selama masa pandemi Covid-19. Hal ini untuk menghindari paparan droplet dari orang lain.

Sebaiknya, selalu menjaga jarak aman di tempat kerja dengan rekan-rekanmu agar sama-sama terhindari dari penularan virus corona (Covid-19).

4. Jaga pola makan

Menjaga pola makan sehat menjadi hal yang tak kalah penting untuk diterapkan selama masa pandemi Covid-19. Bahkan untuk meningkatkan imunitas tubuh kuat, hindari minuman bersoda ataupun makanan siap saji.

Cobalah untuk beralih ke menu makanan sehat dengan daging, sayur, buah yang cukup serta mengonsumsi vitamin agar tubuh tetap bugar.

5. Gunakan alat makan sendiri

Di masa pandemi Covid-19 ini kamu harus menggunakan alat makan sendiri, ada baiknya membawa sendiri dari rumah. Alasannya, untuk menghindari penularan virus corona.(Hdi)

BERITA TERKAIT