test

Kesehatan

Minggu, 4 Oktober 2020 11:04 WIB

Cegah Covid-19, Ini Saran Ahli Jika Ada yang Bersin di Dekat Anda

Editor: Hadi Ismanto

Ahli kesehatan merekomendasikan beberapa langkah yang bisa Anda praktikkan saat ada orang yang bersin atau batuk di dekat Anda. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ - Para ahli menyebut penyebaran virus Corona (Covid-19) umumnya terjadi melalui droplet atau percikan liur ketika bersin, batuk atau bahkan saat bicara.

Sebagai langkah pencegahan, setiap orang disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M. Mulai dari memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun, hingga menjaga jarak.

Hal lain yang diingatkan oleh para ahli kesehatan adalah perihal tertib etika batuk dan bersin. Dianjurkan saat bersin atau batuk menutup hidung dan mulut dengan lengan dalam baju.

Alih-alih menunggu setiap orang patuh, ahli kesehatan merekomendasikan beberapa langkah yang bisa Anda praktikkan saat ada orang yang bersin atau batuk di dekat Anda.

Fredrick Sherman, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Mount Sinai memberikan tips baru yang bermanfaat membantu Anda menekan penyebaran virus.

Seperti dilansir laman The Atlantic, Minggu (4/10/2020), Sherman mengatakan jika berada dalam kondisi risiko tinggi di mana ada seseorang batuk atau bersin di dekat Anda, maka disarankan melakukan beberapa langkah.

"Segera buang atau embuskan napas untuk menghindari menghirup tetesan ataupun aerosol. Tutup bibir Anda agar bisa bernapas lebih lama. Balikkan kepala Anda, dan berjalan menjauhlah dari orang tersebut," jelas Sherman.

Metode tersebut, kata dia, memang tak akan secara mutlak melindungi Anda dari Covid-19. Tapi setidaknya, dapat mengurangi sejumlah virus yang mungkin disebarkan oleh orang yang batuk atau bersin tersebut.

Ahli menyampaikan saran tersebut menyusul masuknya musim dingin di sejumlah negara. Pergantian musim ini acapkali menyebabkan flu atau penyakit lain rentan menyerang seseorang sehingga mengakibatkan batuk ataupun bersin.

Tentu saja, terdapat langkah jangka panjang yang harus Anda ambil untuk mengurangi risiko Covid-19. Bahkan pada musim dingin, jika terpaksa bersosialisasi maka usahakan dilakukan di ruang terbuka.(Hdi)

BERITA TERKAIT