test

Kesehatan

Rabu, 4 November 2020 10:02 WIB

7 Cara Hindari Penularan Saat Anggota Keluarga Terjangkit Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Apabila ada ada anggora keluarga yang tengah diisolasi di rumah, sebaiknya kita tetap gunakan masker. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Merawat anggota keluarga yang terjangkit Covid-19 di rumah tentunya memerlukan penanganan serius. Pasalnya, virus corona diyakini menyebar dari orang ketika orang-orang berada dalam kontak dekat satu sama lain.

Seperti dilansir dari Live Strong, Rabu (4/11/2020), Berikut tips cara yang bisa kamu terapkan agar selalu sehat walaupun ada anggota keluarga yang sakit.

1. Batasi kontak

Jika memungkinkan, biarkan anggota keluarga yang sakit menjalankan isolasi mandiri. Apalagi jika penyakit yang diderita seperti flu dan Covid-19, atau penyakit lain yang ditularkan melalui cairan saluran pernapasan.

2. Jaga kebersihan kamar mandi

Direktur program Healthy Building di Harvard, Joseph Allen mengatakan sebaiknya ada satu kamar mandi khusus untuk pasien. Namun, jika di rumah hanya ada satu kamar mandi maka lakukan beberapa hal berikut:

3. Cuci tangan

Cuci tangan menjadi aktivitas wajib di mana pun dan kapan pun. Kebiasaan ini wajib dipertahankan dan ditambah setelah kontak dengan keluarga yang sakit. Hindari menyentuh area wajah, terlebih area mulut dan hidung.

4. Gunakan masker saat di rumah

Saat ada keluarga yang sakit, pemakaian masker memang sangat diperlukan. Hal ini untuk melindungi satu sama lain dari penularan virus.

5. Lebih sering bersihkan rumah

Anda disarankan untuk lebih sering bersih-bersih dari biasanya. Bersihkan permukaan apa pun, termasuk gagang pintu, saklar lampu, pintu kulkas, dan permukaan-permukaan lain yang kerap disentuh.

6. Buat sirkulasi udara yang baik

Anda juga perlu memastikan kebersihan udara di ruangan. Pergantian atau sirkulasi udara bisa diusahakan dengan membuka jendela atau pintu.

Selain itu, penggunaan filter udara atau air purifier bisa dilakukan dengan HEPA filter. Filter ini utamanya digunakan pada ruangan yang kerap dijadikan tempat beraktivitas anggota keluarga yang sedang sakit.

7. Cukup tidur

Usahakan untuk mencukupi tidur Anda. Kurang tidur dapat menurunkan sistem imun tubuh. Cukup tidur memungkinkan seseorang untuk pulih lebih cepat dan tidak sakit seperti mereka yang umumnya tidak cukup istirahat.(Hdi)

BERITA TERKAIT