test

Kesehatan

Rabu, 14 Oktober 2020 10:02 WIB

Cegah Covid-19, Begini Cara Benar Bersihkan Ponsel

Editor: Hadi Ismanto

Membersihkan ponsel secara berkala akan menghindarkan dari penyebaran Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ - Memperhatikan kondisi kebersihan barang-barang pribadi, termasuk ponsel saat ini merupakan cara terbaik untuk menghindari penyebaran Covid-19. Pasalnya, virus corona dapat bertahan dipermukaan kaca untuk waktu yang lama.

Terkait hal tersebut, para ahli menyebut ponsel tidak hanya dapat menampung virus dan bakteri di permukaannya, tetapi juga menjadi penyebab utama adanya kuman.

Pakar Kuman dan Direktur Pelaksana merek pembersih permukaan, Zoono, James Milnes menjelaskan ponsel merupakan salah satu barang terburuk yang menampung kuman karena paling sering dipegang dalam keseharian.

"Kami telah melakukan eksperimen untuk menunjukkan seberapa banyak bakteri hidup pada rata-rata ponsel, hasilnya mengejutkan," ujar Milnes Sepeti dilansir Netdoctor.co.uk, Rabu (14/10/2020).

Untuk mengetahui seberapa banyak bakteri pada permukaan ponsel digunakan perangkat ATP. Jika dalam perangkat tersebut muncul angka di bawah 100 berarti aman, angka di atas 300 sudah terkontaminasi, sedangkan di atas 500 artinya sangat tercemar.

"Penelitian kami mengungkapkan bahwa sebagian besar ponsel yang tidak dibersihkan secara teratur akan menunjukkan angka antara 500 dan 600," ungkapnya.

Cara membersihkan ponsel

Ilmuwan komputer dan pendiri HandsetExpert, Shahrum Gilani menuturkan, penting untuk diingat bahwa setiap memegang ponsel, ada perpindahan kuman dari kulit ke permukaannya.

"Kita sering menyentuh ponsel dan wajah secara teratur, seringkali tanpa menyadarinya. Kami juga sering memegang ponsel dekat dengan mata, hidung, dan bibir, area di mana virus dapat menginfeksi tubuh manusia," ucap Gilani.

"Ini semua menjadikan ponsel kita jalur potensial penularan sejumlah penyakit," imbuhnya.

Gilani menambahkan, beberapa metode berikut menjadi langkah sederhana yang terbaik yang bisa dilakukan dalam menangani ponsel terhadap adanya kuman atau virus.

- Cabut telepon Anda dan matikan sepenuhnya.

- Lepaskan casing jika Anda memilikinya. Ini juga harus dibersihkan secara terpisah.

- Basahi kain microfiber dengan air sabun.

- Gosok perlahan permukaan ponsel dengan kain lembab, berhati-hatilah agar tidak ada celah seperti port pengisian daya.

- Keringkan ponsel dengan kain mikrofiber yang bersih dan kering.(Hdi)

BERITA TERKAIT