test

Kesehatan

Rabu, 11 November 2020 12:33 WIB

Waspada! Pekan Ini Zona Merah Covid-19 Bertambah di 8 Wilayah

Editor: Ferro Maulana

Pasien sembuh dari Covid-19. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Zona merah atau risiko tinggi Covid-19 bertambah di delapan wilayah pada pekan ini. Dari semula 19 kabupaten/kota, menjadi 27 wilayah. Sementara, zona oranye (risiko sedang) menurun menjadi 370 dari pekan sebelumnya, sebanyak 371 kabupaten/kota.

Kemudian, zona kuning (risiko rendah) pekan ini turun menjadi 97 kabupaten/kota dari sebelumnya 104 kabupaten/kota. Zona hijau (tidak ada kasus baru) meningkat dari 8 menjadi 9 kabupaten/kota. Dan zona hijau (tidak terdampak) menurun dari 12 kabupaten/kota menjadi 11 kabupaten/kota.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, menerangkan, perkembangan pekan ini terlihat perkembangan ke arah yang kurang baik.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito (Foto: PMJ News/Dok Net).

"Sangat disayangkan, terdapat 33 kabupaten/kota yang sebelumnya berada di zona kuning berpindah menjadi zona oranye," ujarnya melalui pernyataannya secara daring, di Jakarta,  

Ia memaparkan, yang menjadi sorotan pada 19 kabupaten/kota yang berpindah dari zona oranye ke zona merah. Padahal, sebelumnya di zona oranye seharusnya bisa berpindah ke zona kuning.

"Bila masyarakat dan pemerintah daerah lengah, maka kabupaten/kota di zona oranye dapat berpindah ke zona merah. Dan ini terjadi pada 19 kabupaten/kota pekan ini. Ini menunjukkan Pemerintah Daerah dan masyarakatnya benar-benar lengah," sambungnya menegaskan.

Berikut Daerah Zona Merah di Indonesia

Bengkulu: Kota Bengkulu; Yogyakarta: Bantul; Jawa Barat: Karawang dan Bekasi; Jawa Tengah: Cilacap, Magelang, Karanganyar, Semarang, dan Kota Tegal; Kalimantan Selatan: Tanah Bumbu; Kalimantan Tengah: Kotawaringin Timur dan Sukamara.

Nusa Tenggara Barat: Sumbawa dan Kota Bima; Nusa Tenggara Timur: Kota Kupang; Sulawesi Tengah: Banggai Kepulauan; Sulawesi Utara: Kota Tomohon; Sumatera Barat: Tanah Datar; dan Sumatera Utara: Kota Gunungsitoli.(Fer)

BERITA TERKAIT