test

Hukrim

Selasa, 15 Oktober 2019 11:09 WIB

Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK

Editor: Redaksi

Gedung KPK. (Dok/Ist).

PMJ – Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Indramayu Supendi. Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan penangkapan tersebut.

Menurutnya, penangkapan tersebut karena adanya dugaan transaksi berkenaan proyek di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Indramayu.

"Menjelang Senin tengah malam ada kegiatan tim KPK di Indramayu," ungkap Febri, di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Febri melanjutkan, Supendi diamankan bersama tujuh orang lainnya yang terdiri dari ajudan bupati, pegawai, rekanan atau swasta, kepala dinas, serta beberapa pejabat dinas PU lainnya.

Masih dari keterangan Febri, untuk lima orang--termasuk Bupati-- sudah berada di Gedung KPK Selasa (15/10/2019) dini hari sekira pukul 02.00 WIB. Sedangkan, tiga lainnya tengah dalam perjalanan.

"Saat ini, lima yang dibawa ke gedung KPK, termasuk Bupati sedang dalam proses pemeriksaan intensif," ungkap Febri.

Febri memaparkan KPK mempunyai waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan itu. Untuk konstruksi perkara lebih detail, kata Febri, KPK akan mengumumkannya dalam keterangan pers.

"Sesuai KUHAP ada waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status hukum perkara ini dan orang-orang yang terkait. Nanti hasilnya akan disampaikan melalui konferensi pers di KPK. Waktu konpers akan saya sampaikan lagi," urainya melanjutkan.

Figur Supendi

Untuk diketahui, tim satuan petugas telah melakukan penggeledahan di salah satu kantor Dinas di Kabupaten Indramayu. Dari kegiatan itu disita sejumlah dokumen yang diduga terkait dengan perkara

Supendi sendiri diketahui baru bilangan bulan menjabat sebagai Bupati Indramayu. Mantan pejabat karier di lingkungan Pemkab Indramayu itu dilantik menjadi bupati pada 7 Februari 2019 menggantikan Anna Sophana yang mengundurkan diri dari jabatan tersebut.

Pria kelahiran Indramayu pada 14 Agustus 1958 itu dikenal pula sebagai Ketua DPD Golkar Indramayu. Sebelum menjadi bupati, Supendi adalah Wakil Bupati. Ia menjadi kepala daerah setelah maju mendampingi Anna dalam Pilkada Indramayu 2015. (FER).

BERITA TERKAIT