test

News

Rabu, 28 Agustus 2024 17:07 WIB

Polri Gelar Latihan Pengamanan Kunjugan Paus Fransiskus dan ISF 2024

Editor: Hadi Ismanto

Polri menggelar latihan pra Operasi Tribrata Jaya 2024 dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan ISF 2024. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Polri menggelar latihan pra Operasi Tribrata Jaya 2024 dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan Internasional Sustainability Forum (ISF) 2024. Kegiatan ini berlangsung di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya (BPPMJ), Rabu (28/8/2024).

Kepala Operasi Tribrata Jaya 2024, Komjen Pol Imam Widodo mengatakan latihan pra Operasi Tribrata Jaya 2024 ini untuk menyamakan pola pikir dan pola tindak. Kemudian juga untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel Polri yang bertugas.

"Latihan pra operasi pengamanan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman terkait dengan SOP dan cara bertindak di lapangan," ujar Imam Widodo dalam keterangannya.

"Oleh karena itu, saya ingin seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini secara serius sehingga memahami dan mempedomani arahan dan atensi dari instruktur ataupun pimpinan," sambungnya.

Jenderal bintang tiga ini menyebut ada beberapa hal yang dibahas dalam latihan pra Operasi Tribrata Jaya 2024 mulai dari deteksi dini, pencegahan dini, hingga perkiraan kerawanan jelang dan selama operasi.

"Lalu ada juga peraturan penjagaan, pengawalan, patroli rekayasa lalu lintas dan pengendalian arus lalu lintas," ucapnya.

Selain di BPPMJ, lanjut Imam, latihan pengamanan juga dilakukan di hotel venue, tempat rekreasi, tempat hiburan dan pengamanan objek vital. Kemudian ada pula penyelidikan dan penyidikan terhadap ancaman gangguan kamtibmas sebelum dan selama operasi.

"Dibahas juga taktis dan teknis penanganan awal terhadap bahan peledak dan penanggulangan terorisme dalam rangka Operasi Tribrata Jaya 2024," tukasnya.

BERITA TERKAIT