test

News

Kamis, 18 Juli 2024 18:09 WIB

Presiden Jokowi Lantik Wamenkeu, Wamentan dan Wamenves

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi resmi melantik tiga wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)
Presiden Jokowi resmi melantik tiga wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik tiga wakil menteri (wamen) baru Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7/2024) sore.

Adapun pejabat yang dilantik di antaranya Thomas Djiwandono sebagai Wamenkeu dan Sudaryono sebagai Wamentan. Selain itu, Jokowi juga melantik Yuliot Tanjung menjadi Wamen Investasi.

Jokowi mengambil sumpah ketiganya untuk dilantik menjadi wakil Menteri.

"Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana membenarkan adanya agenda pelantikan sejumlah wakil menteri (wamen). Pelantikan itu akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

"Hari ini, tanggal 18 Juli 2024, pukul 15.00 WIB akan diagendakan pelantikan beberapa wakil menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara," ungkap AriDwipayana kepada wartawan.

Menurut Ary, posisi yang dilantik Jokowi sore ini merupakan penambahan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) dan pergantian Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

BERITA TERKAIT