test

News

Jumat, 7 Juni 2024 08:07 WIB

Polri Targetkan Zero Accident Pada Rekrutmen TA 2024

Editor: Hadi Ismanto

AS SDM Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Pol Dedi Prasetyo menargetkan nihil kecelakaan (zero accident) pada rekrutmen Polri tahun anggaran 2024. Hal ini dimaksudkan agar personel yang direkrut benar-benar personel unggul dan presisi.

Target nihil kecelakaan selain menciptakan SDM Polri yang unggul, juga untuk mencegah terulang-nya peristiwa yang dialami siswa SPN Lampung Advent Pratama Telaumbuana, meninggal dunia saat mengikuti apel di tahun 2023.

"Tidak hanya di rekrutmen tapi di pendidikan pembentukan (diktu), pendidikan pengembangan (dikbang) dan latihan kepolisian lainnya," ujar Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis (6/6/2024).

Mantan Kadiv Humas Polri ini menjelaskan, untuk mewujudkan target zero accident tersebut diperlukan langkah-langkah strategi mitigasi dimulai dari proses rekrutmen anggota Polri.

Menurut Dedi, Polri memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki mentalitas, kapabilitas dan kualitas serta integritas yang bagus agar bisa menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) secara maksimal.

"SDM merupakan investasi jangka panjang. Oleh karena itu rekrutmen anggota Polri tidak hanya menjadi tanggungjawab SDM Polri, tapi juga tanggung jawab semua satuan kerja," jelasnya.

Dalam rekrutmen SDM Polri telah menerapkan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH). Di mana, dalam setiap rekrutmen merupakan prinsip yang telah dikembangkan selama 10 tahun dan harus terus dievaluasi dan ditingkatkan.

Untuk itu, Dedi mengajak semua pengemban SDM Polri, pengemban pendidikan dan pengemban kesehatan di Polri untuk bersama-sama berkomitmen menyatukan visi misi dan persepsi dalam mewujudkan SDM Polri yang unggul dan Presisi.

BERITA TERKAIT