test

News

Rabu, 3 April 2024 07:09 WIB

Gelar Bukber, Polri-TNI Tingkatkan Sinergitas dan Soliditas

Editor: Hadi Ismanto

TNI bersama Polri menyelenggarakan Buka Bersama. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - TNI bersama Polri menyelenggarakan Buka Bersama TNI-Polri 2024 di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2024). Kegiatan ini bertema 'Dengan Hikmah Puasa Ramadhan 1445H/2024 Kita Tingkatkan Solidaritas dan Sinergitas Untuk Indonesia Maju'.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri guna menjaga kesatuan dan kesatuan bangsa pasca Pemilu. Selain itu, persatuan dan kesatuan asalah modal utama mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

"Kegiatan kali ini dalam rangka meningkatkan sinergitas, soliditas, utamanya kita menghadapi pesta demokrasi, dimana kita selalu menekankan bahwa perbedaan boleh ada, namun harus selalu kita jaga adalah persatuan dan kesatuan," ujar Kapolri Sigit.

Sigit menyebut kegiatan kali ini sebagai sarana silaturahmi sekaligus persiapan menghadapi agenda besar arus mudik-balik lebaran. Oleh sebab itu penting agar TNI-Polri bersama stakeholder mengkedepankan sinergitas dan soliditas.

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, pihaknya akan melangsungkan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat 2024. Harapannya masyarakat bisa merayakan lebaran dengan aman dan lancar.

"Sehingga mau tidak mau sinergitas, soliditas TNI-Polri dan tentunya seluruh stakeholder tentu harus betul kita tingkatkan sehingga pelayanan mudik pada saat nanti akan kita laksanakan," terangnya.

Sementara Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyebut agenda ini untuk mempererat sinergitas-soliditas TNI-Polri serta masyarakat. Terlebih TNI-Polri telah melaksanakan beberapa agenda bersama.

Agus mencontohkan peninjauan Pelabuhan Merak bersama Kapolri dan Menkopolhukam pada Senin (1/4). Lalu dilanjutkan dengan kegiatan buka bersama di Mapolda Banten.

"Kemarin, saya dengan Kapolri, dengan Menkopolhukam, setelah melihat situasi Pelabuhan Merak yang digunakan untuk mudik, kita mengecek bagaimana perjalanan masyarakat dari tol, masuk ke gate, sampai masuk ke kapal agar lebih simpel, supaya tidak terjadi penumpukan penumpang di luar sebelum masuk," tuturnya.

Hingga lebaran, Panglima TNI mengatakan TNI bersama Polri akan terus melakukan pemantauan pelaksanaan mudik. Selain buka bersama, rangkaian kegiatan ini terdapat tausiah yang diisi oleh Gus Miftah Maulana Habiburrahman dan H Das’ad Latif.

BERITA TERKAIT