test

News

Rabu, 13 Maret 2024 08:17 WIB

BPBD DKI Jakarta Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem Hingga Besok

Editor: Hadi Ismanto

Hujan deras mengguyur wilayah DKI Jakarta beberapa waktu lalu. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem seperti curah hujan dengan intensitas sedang sampai dengan lebat hingga14 Maret 2024.

"Waspada cuaca ekstrem di Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada 8-14 Maret 2024," tulis akun Instagram @bpbddkijakarta dikutip Rabu (13/3/2024).

BPBD DKI Jakarta mengatakan, kondisi tersebut dipicu oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang aktif di wilayah Indonesia.

Selain itu, peningkatan kecepatan angin dari utara Indonesia hingga melintasi equator melalui Selat Karimata yang mengindikasikan aktivitas Cross Equatorial Northerly Surge (CENS).

"Potensi pembentukan pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya-selatan Jawa dan Australia bagian utara yang dapat memicu terbentuknya pola pumpunan dan perlambatan angin di Indonesia bagian selatan," tuturnya.

Warga diimbau untuk waspada mengenai potensi cuaca ekstrem ini. Pemprov DKI juga meminta warga untuk melapor jika membutuhkan pertolongan.

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem. Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt," terangnya.

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," imbuhnya.

BERITA TERKAIT