test

News

Selasa, 22 September 2020 12:19 WIB

Waspada, Cuaca Ekstrem Berpotensi Hujan Es di Sebagian Wilayah Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Hujan es akan melanda wilayah Indonesia. (Foto: PMJ/Dok Net)

PMJ – Badan Metereologi Klimitalogi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca esktrem akan melanda sebagian wilayah Indonesia. Diprediksi hujan lebat berpotensi hujan es akan turun dalam sepekan ke depan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau seluruh masyarakat di sejumlah wilayah Tanah Air untuk waspada selama musim pancaroba dari kemarau menuju musim hujan. Diprediksi hingga 28 September 2020 mendatang, hujan lebat akan melanda sejumlah wilayah Indonesia.

"Selama bulan September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia,” terang  Dwikorita dalam pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati (Foto: Dok Net)

“Dimana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat," ujarnya menambahkan.

Dwikorita memaparkan, hujan yang akan melanda di sejumlah wilayah akan berbeda dengan biasanya. Alasannya, curah hujan tinggi dengan durasi singkat juga diprediksi menimbulkan fenomena hujan es.

"Pada masa peralihan musim ini, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es," tutur Dwikorita.

Dwikorita juga mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es, dan lainnya dalam sepekan ke depan.

Periode 22-24 September: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Periode 25-28 September: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam. Yaitu, melalui call center 021-6546315/18 atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (BMKG/ Fer)

BERITA TERKAIT