test

News

Rabu, 10 Januari 2024 15:35 WIB

BPBD DKI Jakarta Sebut 16 Wilayah Berpotensi Alami Longsor, Ini Sebarannya

Editor: Hadi Ismanto

BPBD DKI Jakarta melaporkan setidaknya ada 16 wilayah di ibu kota yang berpotensi longsor. (Foto: PMJ News/Instagram @bpbddkijakarta)

PMJ NEWS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan setidaknya ada 16 wilayah di ibu kota yang berpotensi longsor. Belasan lokasi itu tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat hingga Jakarta Timur.

"Info prakiraan wilayah potensi terjadi tanah longsor di wilayah DKI Jakarta bulan Januari 2024," tulis BPBD DKI Jakarta melalui akun resmi instagram @bpbddkijakarta, Rabu (10/1/2024).

"Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG," lanjutnya.

Dengan kondisi tersebut, BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada para lurah dan camat akan terjadinya gerakan tanah saat curah hujan di atas normal. Termasuk daerang yang lembah sungai, tebing jalan atau lereng.

"Untuk itu, kepada Lurah, Camat, dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal," tuturnya.

Berikut daftar lengkap 16 wilayah yang berpotensi terjadi tanah longsor masuk ke dalam zona menengah, sebagai berikut:

Jakarta Pusat:
1. Menteng

Jakarta Selatan:
2. Cilandak
3. Jagakarsa
4. Kebayoran Baru
5. Kebayoran Lama
6. Mampang Prapatan
7. Pancoran
8. Pasar Minggu
9. Pesanggrahan

Jakarta Timur
10. Cakung
11. Duren Sawit
12. Jatinegara
13. Kramatjati
14. Matraman
15. Pasar Rebo
16. Pulo Gadung.

BERITA TERKAIT