test

News

Selasa, 19 Desember 2023 14:37 WIB

Menhub: 107 Juta Orang Akan Mudik Selama Perayaan Natal dan Tahun Baru

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan pers. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ NEWS - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan untuk tahun ini setidaknya ada 107 juta masyarakat yang akan mudik selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Pernyataan tersebut disampaikan Budi dalam rapat Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru di Kemenhub. Rapat turut dihadiri Kepala BMKG Dwikorita Karnawati hingga Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono.

"Hasil survei dari BKT (Badan Kebijakan Transportasi) Kementerian Perhubungan bahwa yang akan mudik itu 107 juta," ujar Budi Karya dalam pemaparannya di Ruang Mataram Kemenhub, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023).

Menhub Budi memperkirakan untuk tahun ini jumlah pemudik libur Natal dan Tahun Baru akan meningkat 43 persen. Pihaknya bersama kementerian/lembaga terkait telah menyiapkan langkah antisipasi.

"Jauh lebih tinggi dari tahun yang lalu, lebih tinggi 43 persen. Jadi ini cukup challenging juga," ucapnya.

Menurut Budi, mayoritas pemudik tahun ini akan didominasi moda transportasi mobil. Dia mengimbau pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk menggunakan transportasi umum.

"Lalu motor 17 persen, ini kami dengan Pak Kakorlantas, kita selalu ingin mengimbau seyogianya saudara kita yang menggunakan motor ini mengurungkan niatnya," jelasnya.

"Apalagi tempat yang jauh, dari kita seyogianya BUMN transportasi, maupun BUMN yang lain mengadakan mudik gratis dan juga swasta," imbuhnya.

BERITA TERKAIT