test

News

Selasa, 26 Desember 2023 13:02 WIB

Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Libur Nataru Pada 1-2 Januari 2024

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi disebuah kesempatan. (Foto: PMJ News/Dok Kemenhub)

PMJ NEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak arus balik mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan terjadi pada 1-2 Januari 2024.

"Berkaitan dengan puncak mudik besar kemungkinan terjadi setelah dan sebelum tahun baru. Kalau sebelum tahun baru tidak banyak, banyak yang sudah mudik, tapi di 1-2 terjadi puncak," ungkap Menhub Budi kepada wartawan, Senin (25/12/2023).

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat puncak arus balik, Menhub Budi juga meminta kapada pengelola transportasi sektor udara, air, darat, dan perkretaapian menjual tiket lebih awal.

"Oleh karenanya di semua sektor apa udara, darat, laut dan KA konsentrasi pada titik itu. Bagaimana penjualan dilakukan lebih awal supaya yang akan dilayani relatif lebih baik," tuturnya.

Budi menyebut ada sejumlah titik krusial padat kendaraan, salah satunya terjadi di Cikupa menuju Tangerang. Menhub berharap operator berkoordinasi dengan Polri agar dapat suatu improvement untuk opsi contraflow.

"Kami berkoordinasi dengan kepolisian. Setelah kita melakukan pengamatan terhadap tempat-tempat yang kita integrasikan tempat tinggi kemacetan, di Merak, Ketapang, Cipali Soetta ternyata semua berjalan dengan baik," terangnya.

BERITA TERKAIT