test

Kesehatan

Kamis, 14 Desember 2023 11:36 WIB

Walaupun Berat, Ini Lima Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Walaupun berat, bangun pagi ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Walaupun berat, bangun pagi ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahkan lebih mengejutkannya lagi, ada banyak manfaat yang didapatkan seorang morning person dalam menjalani kesehariannya.

Seperti dilansir dari Ndtv, Kamis (14/12/2023), berikut manfaat bangun pagi menurut berbagai penelitian.

1. Meningkatkan Kesehatan Mental
Memulai hari lebih awal memberi Anda waktu untuk refleksi diri, meditasi, dan olahraga, yang dapat meningkatkan kesejahteraan mental, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan
Tubuh Bangun pagi dan terpapar sinar matahari alami dapat membantu mengatur jam internal tubuh dan meningkatkan produksi vitamin D. Hal ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari berbagai penyakit.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur
Bangun lebih awal dapat membantu mengatur siklus tidur-bangun Anda, sehingga meningkatkan kualitas tidur. Memiliki rutinitas tidur yang konsisten sangat penting untuk kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi
Bangun pagi memberi Anda waktu tanpa gangguan untuk fokus pada tugas-tugas penting tanpa gangguan. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kognitif Anda sepanjang hari.

5. Menurunkan Resiko Diabetes dan Sindrom Metabolik
Sebuah penelitian terhadap orang Korea paruh baya yang bangun siang menunjukkan lebih mungkin menderita sindrom metabolik daripada yang bangun pagi. Ini juga meningkatkan peluang untuk berkembangnya penyakit jantung.

BERITA TERKAIT