Kesehatan

Kamis, 16 April 2020 09:04 WIB

Telur, Bisa Jadi Aternatif Asupan Nutrisi Selama Pandemi COVID-19

Editor: Hadi Ismanto

Telur bisa jadI aternatif asupan nutrisi selama pandemi COVID-19 (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi)

PMJ - Di tengah pandemi COVID-19, ketersediaan bahan pokok menjadi prioritas bagi masyarakat. Pasalnya, asupan nutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Telur merupakan salah bahan makanan yang bisa diandalkan dan kerap dijadikan sebagai menu sarapan. Selain praktis, telur juga mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Dosen Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB), Manik Eirry Sawitri menyebut telur dapat menjadi alternatif makanan sehat di masa pandemi Covid-19. Makanan ini mengandung banyak karbohidrat, lemak dan protein.

"Juga mengandung bermacam vitamin dan mineral, serta trace element lainnya yang berfungsi menyinergikan tubuh sehingga telur disebut sebagai wonderful food," ungkap Manik melalui siaran persnya, Rabu (15/4/2020).

Telur juga dikenal mengandung protein tinggi dan penghasil komponen bioaktif. Oleh sebab itu, bahan pangan ini bisa meningkatkan imun tubuh. Dengan demikian, bisa dikonsumsi sebagai pangan sehari-hari dan memberikan peran positif bagi kesehatan.

Selain itu, Kuning telur juga mengandung lemak yang disebut High Density Lipoprotein (HDL). Bagian ini acap dikenal sebagai asam lemak baik dengan kandungan OMEGA 3, OMEGA 6, dan OMEGA 9. Kandungan-kandungan itu dapat memperbaiki respons imun.

Dengan mengonsumsi dua butir telur per hari, Manik berpendapat 14 persen kebutuhan vitamin A dapat terpenuhi. Ditambah lagi, vitamin D pada kuning telur berperan dalam penyerapan kalsium dan fosfor.

"Sehingga berkontribusi pada sistem imun dan fungsi otot yang sehat," tandasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT