test

Kesehatan

Minggu, 8 Maret 2020 10:05 WIB

4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Editor: Redaksi

Hindari kebiasaan buruk, dan mulai berolahraga agar terhindar dari segala penyakit (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Tanpa sistem imunitas yang kuat, tubuh akan rentan terserang penyakit. Kebayakan orang melakukan diet sehat atau berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sayangnya, makan sehat dan olahraga saja ternyata tidak cukup. Ada banyak kebiasaan-kebiasaan tertentu yang juga dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/3/2020), berikut kebiasaan buruk yang bisa menurunkan kekebalan tubuh dan berpotensi mendatangkan penyakit.

1. Melupakan minum air putih

Apakah disengaja atau tidak, jarang minum air putih adalah kebiasaan yang sangat buruk yang menyebabkan banyak konsekuensi tidak sehat.

Jika Anda tidak mengonsumsinya, sistem kekebalan tubuh tentu akan terhambat. Asupan air orang sehat berkisar antara 8-10 gelas per hari. Tapi itu bervariasi dari kondisi geografis dan aktivitas Anda per hari.

2. Kekurangan sinar matahari

Kekurangan sinar matahari juga bisa menurunkan kekebalan tubuh. Sinar matahari mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Vitamin D berperan untuk mengaktifkan kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D menyebabkan penekanan kekebalan.

Namun, paparan sinar matahari berlebihan juga tak baik untuk tubuh. Mendapatkan 5-15 menit sinar matahari di lengan, tangan, dan wajah sebanyak 2-3 kali seminggu sudah cukup.

3. Sering begadang

Penelitian menunjukkan kurang tidur membuat orang lebih rentan terhadap pilek dan virus. Saat tidur, tubuh meningkatkan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mempelajari cara terbaik untuk menyerang bakteri baru, virus, dan pemicu lainnya.

Tanpa tidur yang cukup, tubuh tidak memiliki kesempatan untuk melawan penyakit secara efektif. Usahakan untuk tidur tujuh atau delapan jam semalam untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima.

4. Kurang gerak

Pada Januari 2012, sebuah penelitian di American Journal of Preventive Medicine menyebut terlalu banyak duduk dan menghindari olahraga dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Ketidakaktifan dapat menyebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh, peradangan, dan penyakit kronis lainnya. Jadi olahraga sangat penting, karena ini adalah stimulan yang sangat kuat dari sistem kekebalan tubuh.

Olahraga menyebabkan perubahan dalam sel darah putih, membuat mereka mampu mendeteksi penyakit lebih awal dari sebelumnya. Menjadwalkan 30 menit olahraga teratur ke dalam rutinitas harian dapat membantu.(Hdi)

BERITA TERKAIT